Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Mei 2020 14:56 WIB

TRAVEL NEWS

Anggaran Infrastruktur 5 Wisata Superprioritas Tak Terganggu Corona

Femi Diah
detikTravel
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menghemat anggaran di tengah pandemi virus Corona. Tapi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan infrastruktur lima destinasi superprioritas tak terpengaruh, kenapa?

Lima destinasi wisata superprioritas itu adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara. sebelum pandemi COVID-19, pemerintah melakukan percepatan pengembangan infrastruktur di lima daerah itu dengan target selesai pada 2020.

Tapi kemudian virus Corona mewabah. Pemerintah menghemat keuangan untuk dialihkan kepada pembiayaan terkait virus Corona.

Tapi, Menteri PUPR Basuki menjamin anggaran untuk membangun infrastruktur pada lima destinasi wisata superprioritas itu tak berkurang. Sebab, lima destinasi itu diyakini bisa menjadi lumbung pendapatan Indonesia di masa depan.

"Di Kementerian PUPR, walaupuan dihemat Rp 44 triliun dari Dipa (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Rp 120 triliun untuk tahun 2020, tidak ada kegiatan yang dibatalkan. Yang Rp 44 triliun yang dtunda itu akan menjadi prioritas pada tahun 2021 dan sudah diakokasikan anggarannya oleh ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani," kata Basuki dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/5/2020).

"Kembali ke lima destinasi wisata itu, anggaran Rp 6,4 triliun tidak termasuk yang dihemat, karena itu menjadi prioritas setelah pandemi virus Corona. Dari sektor inilah diharapkan paling cepat rebound setelah pandemi," Basuki menambahkan.

"Dana sebesar Rp 9,4 triliun itu Rp 5,4 triliun sudah tanda tangan kontrak, sisanya mulai kontrak dan dimulai setelah lebaran," kata Basuki.

Basuki mencontohkan pembangunan infrastruktur di lima destinasi wisata superprioritas itu. Danau Toba misalnya, sedang digenjot penataan pantai dan hutan di area itu. Juga, perbaikan jalan dan pelebaran jalan, pembangunan gapura, pasar dll.

Sementara itu, infrastruktur di Candi Borobudur diprioritaskan untuk membangun akses utama menuju Candi Budha di kabupaten Magelang tersebut. Selain itu dibangun gapura di setiap jalur masuk menuju Candi Borobudur.

Wisata superprioritas Mandalika juga sedang berbenah pada akses dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika.

"Lelang sudah selesai dan akan dimulai pekerjaannya. Kami targetkan selesai 2021, termasuk perbaikan kawasan pantai di Mandalika," ujar Basuki.

Labuan Bajo juga sedang dibenahi akses jalan raya. Adapun Likupang bersolek di area Pantai Malalayang.



Simak Video "Kaget Tarif Tol Naik, Menteri PUPR Telepon Kepala BPJT"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA