Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Jun 2020 23:06 WIB

TRAVEL NEWS

Gemasnya Remon, Bayi Lutung yang Terancam Punah di Bandung Zoo Garden

Yudha Maulana
detikTravel
Lutung di Bandung Zoo Garden
Remon si bayi lutung (dok Istimewa)
Bandung -

Kabar gembira datang dari Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo Garden). Remon, seekor anak lutung (Javan silvered leaf monkey) lahir pada 3 Mei 2020.

Bayi lutung berwarna kuning emas ini, lahir dari pasangan jantan Albert dan betina Luluk. Saat ini kondisi lutung tersebut nampak sehat dan terus bergelantungan pada induknya.

"Dengan lahirnya lutung tersebut saat ini kebun binatang Bandung atau bazoga memiliki koleksi sebanyak 4 ekor lutung," ujar kurator Bandung Zoo Garden Abah Asep Heri Hermawan dalam keterangan resminya, Selasa (2/6/2020).

Sulhan mengatakan, setiap hari lutung-lutung tersebut diberi pakan sayur mayur, buah-buahan dan juga tempe mentah. Sementara itu, untuk anak lutung yang baru lahir diberi extra feeding berupa sepotong telur rebus.

Lutung di Bandung Zoo GardenLutung di Bandung Zoo Garden Foto: (dok Istimewa)



Seperti biasa, kata Asep, bayi lutung ini mendapat perhatian lebih. Terutama dari sang induk yang nampak sangat menjaga atau protektif pada si anak yang yang berusia sebulan tersebut.

Lutung perak ini ditemukan di sekitar wilayah Kalimantan dan Sumatera, termasuk di bagian barat daya semenanjung Melayu, Pulau Natuna dan pulau-pulau terdekat lainnya. Di habitat aslinya, primata ini tinggal di rawa mangrove dan kawasan hutan hujan.

Dalam daftar Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources atau disingkat IUCN) hewan ini masuk dalam kategori hampir terancam punah.

Lutung di Bandung Zoo GardenLutung di Bandung Zoo Garden Foto: (dok Istimewa)
Lutung di Bandung Zoo GardenLutung di Bandung Zoo Garden Foto: (dok Istimewa)



Simak Video "Pemkot Bandung Tutup Lagi 4 Jalan Protokol"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA