Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jun 2020 20:54 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Ini Sangat Penting Bagi Pendaki

Bonauli
detikTravel
Gunung Annapurna
Gunung Annapurna (Getty Images/iStockphoto)
Kathmandu -

Para pendaki pasti kenal dengan Gunung Annapurna di Nepal. Hari ini begitu berarti karena seseorang berhasil menaklukkan dan membukanya bagi para pendaki.

Semua dimulai pada 3 Juni 1950. Tim ekspedisi Prancis yang dipimpin oleh Maurice Herzog berhasil menaklukkan Gunung Annapurna untuk pertama kalinya.

Keberhasilan ini dirayakan dengan penerbitan buku pada tahun 1951 dan film yang berjudul Victory on the Annapurna pada tahun 1953. Herzog juga diundang ke Istana Elysee di Paris oleh Presiden Vincent Auriol.

Herzon akhirnya menjabat jadi Walikota Chamonix dari tahun 1968-1977. Ia sendiri menjadi lambang persahabatan Nepal-Prancis.

Pendakian Herzog yang dilakukannya membuahkan hasil yang bisa dinikmati oleh Nepal. Setelah melewati persiapan selama 2 tahun, Herzog berhasil mendaratkan kaki di puncak 8.000 mdpl dan menginspirasi dunia.

Gunung AnnapurnaGunung Annapurna Foto: (Getty Images/iStockphoto)



Setelahnya, banyak pendaki yang ingin mencicipi keindahan Nepal lewat Gunung Annapurna. Nepal pun mulai menghidupkan sektor pariwisata di sana.



Sudah 70 tahun berlalu. Rute yang Herzog lalui menjadi warisan bagi pariwisata Nepal. Bahkan Prancis ingin membuat pameran foto lengkap pendakian Herzog untuk merayakannya.

Namun adanya pandemi Corona membuat kegiatan pameran foto tidaklah mungkin, Prancis pun berinovasi. Foto-foto tersebut akan tetap dipamerkan lewat situs Kedutaan Besar Prancis.

"Pendakian ini jadi hal penting bagi pengembangan industri pariwisata Nepal. Saya mengambil kesempatan ini untuk memberikan penghormatan khusus kepada semua pemandu dan porter Nepal. Tanpa mereka, misi ini tak akan mungin terjadi sama sekali," ujar Duta Besar Francois Xavier Leger.

Hal ini disambut baik oleh Badan Pariwisata Nepal. Dr Dhananjay Regmi, CEO Badan Pariwisata Nepal mengharapkan yang terbaik selama pandemi Corona.

"Ini hari bersejarah bagi Nepal dan industri pariwisata Nepal karena Gunung Annapurna I telah berhasil ditaklukan," katanya.

Gunung AnnapurnaGunung Annapurna Foto: (Getty Images/iStockphoto)



Regmi juga menambahkan bahwa pendakian ini berhasil membuka mata dunia dan menjadikan Nepal sebagai tujuan pendakian. Hal ini tentu saja tak lepas dari kontribusi Herzog dan Pemerintah Prancis.

"Merayakan hari keberuntungan ini, saya ingin menginformasikan bahwa rute trekking baru, Maurice Herzog Trail telah mulai beroperasi tahun ini," ungkapnya.

Maurice Herzog Trail sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada bulan Februari sebagai rute trekking terbaru. Rute ini didedikasikan khusus dari Nepal untuk almarhum Maurice Herzog.

Rute ini akan dimulai dari Annapurna Rural Municipaity-4 Narchyan. Kemudian akan mengarah ke base camp Gunung Annapurna di ketinggian 8.091 mdpl.



Simak Video "Maraton Ekstrem di Pegunungan Annapurna, Berani?"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA