Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jun 2020 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Kota Paling Mahal Sejagat di 2020

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
In this picture taken on April 13, 2020, people visit a public cargo loading area dubbed Instagram Pier in Hong Kong. - Starting on March 29 the citys government banned public gatherings of more than four people in an effort to curb the spread of the COVID-19 coronavirus. (Photo by Daniel SUEN / AFP) (Photo by DANIEL SUEN/AFP via Getty Images)
Hong Kong (Foto: AFP via Getty Images/DANIEL SUEN)
Jakarta -

Inilah daftar kota termahal sejagat bagi ekspatriat atau pebisnis. Hegemoni Hong Kong tak tergeser, namun ada satu kuda hitam tak terduga.

Diberitakan CNN, urutan kota termahal dimulai dari Hong Kong, Tokyo, Zurich, dan Singapura. Lalu, ada ibu kota Turkmenistan, dan Ashgabat, nyempil di urutan teratas ini.

Hong Kong tak tergeser sebagai kota termahal. Itu tak lepas dari gejolak dalam bentuk kerusuhan politik masih tetap berada di posisi teratas. Alasan lain yakni memiliki pasar properti termahal di dunia.

Ya, Ashgabat. tahu-tahu mengisi peringkat kedua sebagai kota termahal kedua di dunia menurut menurut Cost of Living Survey yang baru dirilis Mercer. Ashgabat pun menggeser Tokyo ke urutan ketiga. Ashgabat naik lima poin karena krisis ekonomi, kekurangan makanan hingga hiperinflasi.Sementara itu, kota terbesar AS, New York ada di urutan keenam.

Data Mercer ini dikumpulkan dari bulan Maret. Pandemi virus Corona menjadi beban terbesar dan menyebabkan kenaikan harga bahan makanan yang melonjak di seluruh dunia, bikin kota termahal semakin mahal.

Berbagai faktor lain yang dihitung yakni fluktuasi mata uang, biaya inflasi untuk barang dan jasa, harga penginapan. Perubahan itu berkontribusi pada bertambahnya biaya hidup ekspatriat atau pebisnis.

Survei ini bisa dijadikan perusahaan multinasional menetapkan kembali besaran gaji bagi karyawannya. Mercer memeringkat 200 tujuan global yang mencerminkan biaya hidup ekspatriat.

Karena virus Corona, New York jadi kota paling mahal untuk membeli persediaan pembersih, seperti semprotan antiseptik dan sabun. Enam dari 10 kota termahal teratas tahun ini berada di Asia.

Swiss punya sejumlah kota termahal, ada tiga kota di urutan 10 besar, yakni Zurich ke-4, Bern ke-8, dan Jenewa ke-9. Lagos di Nigeria jadi kota termahal Afrika bagi pebisnis. Posisinya naik ke peringkat ke-18, satu poin di atas kota London di peringkat ke-19.

Selain termahal, ada pula kota-kota termurah bagi pebisnis, yakni ibu kota Tunisia, Tunis ke-209, Windhoek, Namibia ke-208, dan Tashkent, Uzbekistan ke-207.

Namibia memiliki ibu kota yang modern dengan jalanan yang bagus dan harga sewa mobil yang masuk akal.

Berikut ini 10 kota termahal bagi ekspatriat atau pebisnis 2020:

1. Hong Kong (China)
2. Ashgabat (Turkmenistan)
3. Tokyo (Jepang)
4. Zurich (Swiss)
5. Singapura
6. Kota New York (AS)
7. Shanghai (China)
8. Bern (Swiss)
9. Jenewa (Swiss)
10. Beijing (China).



Simak Video "RUU Keamanan Baru Disahkan, Polisi Tangkap Pedemo di Hong Kong "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA