Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 05:08 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Tunggu Lagi, Bangkitkan Pariwisata yang Berkelanjutan

Valerina Daniel
detikTravel
Fokus Turis Terdampar di Negeri Orang
Foto: Andhika Akbarayansyah

Kesempatan Emas

Pademi Covid-19 membuat pariwisata global terhenti. Untuk menghentikan penularan yang lebih luas, negara-negara dunia melakukan berbagai pembatasan fisik. Hal ini tentu berdampak pada kegiatan manusia yang menuntut perpindahan fisik termasuk pariwisata.

Penerbangan komersil belum semuanya diperbolehkan, hanya yang berhubungan dengan bisnis esensial dan pasokan logistik. Kegiatan kepariwisataan
seakan dimandatkan untuk jeda.

Kehadiran pandemi Covid-19 memang tidak terkirakan. Konsep pariwisata yang semata hanya mengejar kuantitas dari segi jumlah pengunjung dan pendapatan ekonominya terbukti tidak mampu bertahan ketika jeda.

Kondisi ini membuat semua negara harus berpikir dan mencari strategi baru dalam memulai kembali pariwisatanya. Namun pepatah mengatakan dalam setiap krisis ada kesempatan. Masa jeda memberikan negara-negara dunia kesempatan emas untuk menata kembali pariwisata global di era
kenormalan baru, yaitu pariwisata yang berkelanjutan.

Indonesia sebagai negara yang sudah memiliki pedoman pembangunan destinasi pariwisata berkelanjutan, sudah saatnya menjadikan waktu jeda ini juga untuk membangun dasar-dasar pariwisata berkelanjutan tersebut.

Sosialisasikan kepada para pelaku pariwisata. Sinergikan pemahaman. Simulasikan agar berjalan. Jangan tunggu lagi, bangkitkan pariwisata yang berkelanjutan!

Valerina Daniel

Praktisi Komunikasi dan Pemerhati Pariwisata Berkelanjutan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA