Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Keunikan dan Terancamnya Harimau Siberia, Si Raja Kucing

Harimau Siberia
Harimau Siberia (Foto: CNN)

Harimau liar dalam kesulitan

Kini jumlah harimau liar terjamin hanya ada 500 ekor. 95% di antaranya hidup di timur jauh Rusia, menurut WCS. Diperkirakan total ada 3.900 harimau ada di alam bebas.

Jika jumlahnya turun terlalu rendah maka populasinya bisa punah secara lokal. Ada tiga subspesies harimau yang sudah punah, yakni harimau Kaspia, Jawa, dan Bali.

Harimau Cina Selatan juga sangat terancam punah, dan mungkin akan punah di alam liar.

Harimau Siberia adalah jenis yang paling terancam oleh perburuan liar, menurut Panthera. Bagian dari hewan ini diburu untuk dijadikan obat tradisional dan produk-produk mewah seperti karpet kulit harimau.

Masalah kualitas habitat, seperti penebangan pinus liar juga dapat berdampak pada harimau.

Fragmentasi tanah yang disebabkan oleh pembangunan jalan raya juga dapat mencederai harimau di alam liar, tetapi Rusia telah berusaha untuk menjaga agar tanah tetap terlindungi.

Demikian juga dilakukan oleh China timur laut. Pemerintah telah menciptakan taman nasional dan mencegah penebangan di daerah di mana harimau Siberia yang tersisa ditemukan.

Harimau di bagian lain Asia menghadapi ancaman dari perburuan liar dan hilangnya habitat. Lahan berburu mereka hilang akibat deforestasi dan aktivitas manusia, seperti mengubah hutan jadi lahan karet atau kelapa sawit.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA