Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 07:48 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Persiapan New Normal di Labuan Bajo

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pantai Pink di Taman Nasional Komodo
Pantai Pink di Labuan Bajo (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Manggarai Barat -

Wisata Labuan Bajo disebut akan segera buka di bulan Juli. Mengikuti Bali, persiapan New Normal juga tengah dilakukan di Labuan Bajo.

Hal itu pun diungkapkan oleh Direktur Utama Badan Otorita Labuan Bajo Flores, Shana Fatina, dalam webinar pariwisata dan adaptasi tatanan baru yang diselenggarakan oleh GENPI Nasional, Jumat lalu (19/6).

Senada dengan ucapan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di hari yang sama usai rapat pariwisata, Shana mengamini kalau wisata Labuan Bajo akan kembali buka Juli mendatang.

"Kita akan coba pembukaan fase 1 pada 1 Juli, di mana di situ ada kuota melalui online booking 50 orang per hari untuk Loh buaya dan Loh Liang," ujar Shana.

Shana bilang pembukaan fase 1 itu akan terbatas untuk masyarakat NTT. Selain itu, social distancing juga diterapkan dengan sistem booking online dan pembatasan jumlah pengunjung per hari.

Selain Loh Buaya dan Loh Liang yang populer untuk trekking dan melihat komodo, pembatasan juga akan dilakukan untuk wisata bahari.

"Kemudian kita sudah menerapkan sistem caring capacity untuk wisata bahari, di mana untuk Batu Bolong, Karang Makassar, Mauwan dan Siaba Besar kita akan coba dengan 5 kapal per hari. Kita akan lakukan bertahap dan kita pastikan setiap petugas yang melayani pengunjung akan dites kesehatan dulu," ujar Shana.

Lebih lanjut, Shana dan pihak Badan Otorita Labuan Bajo Flores akan kembali melakukan promosi di dunia maya. Apabila kondisi membaik, Shana juga tengah menyiapkan wisata tematik yang khas NTT.

"UNESCO last trip, trip to the past, conservation trip, catholic pilgrim," ujar Shana.

Seperti diketahui, NTT punya banyak destinasi alam, sejarah serta budaya untuk dijelajahi yang sangat unik. Semoga kondisi lekas membaik, sehingga kita bisa berwisata kembali ke Labuan Bajo dan destinasi lain di NTT.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA