Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 09:09 WIB

TRAVEL NEWS

Profil Pulau Malamber yang Katanya Dijual Rp 2 Miliar

Rosmha Widiyani
detikTravel
Pulau Malamber di Sulawesi Barat.
Foto: Pulau Malamber di Sulawesi Barat. (Istimewa)/Profil Pulau Malamber, yang Katanya Dijual Rp 2 Miliar
Jakarta -

Jual beli Pulau Malamber di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat atau Sulbar seharga Rp 2 miliar bikin heboh masyarakat. Dikutip dari detikcom, dijualnya salah satu pulau Indonesia dibenarkan Camat Bala-Balakang Juara.

"Ada, Malamber, tidak tahu ukurannya, harganya Rp 2 miliar, DP-nya Rp 200 juta sudah diambil, yang jual warga di Sumare, namanya Rajab," kata Juara saat dimintai konfirmasi, Jumat (19/6/2020).

Dikutip dari situs Balai Pengelolaan SD Pesisir & Laut Belakang, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pulau Malamber terdiri atas Malamber Besar dan Malamber Kecil. Kedua pulau Indonesia tersebut gabung dalam 16 pulau di Kepulauan Bala-Balakang, Sulawesi Barat.

Malamber Besar merupakan satu dari 10 pulau berpenghuni, sedangkan Malamber Kecil masuk dalam 6 pulau yang tidak berpenghuni. Sebanyak 16 pulau di Kepulauan Bala-Balakang ini tersebar di tengah-tengah antara Pulau Sulawesi dengan Pulau Kalimantan Timur. Kepulauan Bala-Balakang masuk dalam wilayah Kecamatan Bala-Balakang dengan luas wilayah 1,47 kilometer persegi.

Di Kepulauan Bala-Balakang terdapat Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KKP3K) Bala-Balakang, yang merupakan Kawasan Konservasi Perairan. Status ini tercatat dalam Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Barat Nomor 6 Tahun 2017 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2017 - 2037.

Bala-Balakang, yang salah satunya adalah Pulau Malamber, ternyata kerap ditulis sebagai Balabalakang dan punya nama lain yaitu Balabalagan. Kumpulan banyak pulau Indonesia (kepulauan) ini memiliki pemandangan yang cantik dengan laut yang eksotis.

Kepulauan Bala-Balakang memiliki banyak spot snorkeling yang keren, misal Gusung Lalungan yang memiliki pemandangan indah. Bala-Balakang juga memiliki hamparan terumbu karang yang sangat luas.

Untuk mencapai kumpulan pulau Indonesia di Bala-Balakang bisa melalui pesisir Kalimantan Timur atau Sulawesi Barat yang menyeberangi Palung Sulawesi. Rute yang dapat dipilih bisa dari Tana Grogot, melalui Penajam Paser Utara, atau Kalimantan Timur.



Simak Video "Melihat Pulau Malamber yang Dijual Warga Seharga Rp 2 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA