Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jun 2020 18:01 WIB

TRAVEL NEWS

Lucunya! Anak Harimau Benggala Lahir di Kebun Binatang Banjarnegara

Uje Hartono
detikTravel
koleksi harimau di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara bertambah. Seekor bayi harimau benggala ini lahir dengan berat 3 kilogram.
Anak harimau benggala yang baru lahir Foto: Uje Hartono
Banjarnegara -

Jumlah harimau di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara bertambah. Seekor bayi harimau benggala lahir dengan berat 3 kilogram.

Bayi harimau dengan jenis kelamin betina ini diberi nama Darmi. Anak harimau ini lahir dari indukan betina yang bernama Upik dan pejantan Darma.

"Bayi harimau benggala ini diberi nama Darmi. Nama ini merupakan kependekan dari nama Darma dan Upik," kata Direktur TRMS Banjarnegara Lulut Yekti Adi kepada wartawan, Rabu (24/6/2020).

Ia mengatakan, pejantan ini merupakan salah satu harimau yang didatangkan dari Semarang Zoo pada 2019 lalu. Sedangkan indukannya merupakan koleksi lama kebun binatang tersebut.

"Sebelumnya ada pertukaran satu ekor singa milik TRMS Banjarnegara dengan dua ekor harimau benggala dari Semarang Zoo. Dan satu tahun kemudian ada hasil yang diharapkan yakni lahir seekor bayi harimau. Karena pertukaran satwa ini dilakukan dalam rangka usaha untuk mengembangbiakkan," terangnya.

Harimau benggala di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas BanjarnegaraBayi harimau benggala di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Dengan bertambahnya satu ekor bayi harimau, saat ini koleksi harimau menjadi 5 ekor. Dua merupakan koleksi lama, dua hasil pertukaran dengan Semarang Zoo dan satu ekor bayi yang baru lahir.

"Dengan lahirnya Darmi, menambah koleksi harimau benggala di Serulingmas Zoo menjadi 5 ekor," sebutnya.

Sementara itu, pawang harimau di TRMS Banjarnegara Lulut Dwi Prasetya menuturkan, bayi harimau ini lahir pada 1 Maret 2020 lalu. Anak harimau lucu ini lahir normal dengan berat 3 kilogram.

Harimau benggala di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas BanjarnegaraHarimau benggala di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)

"Pada saat itu, pagi-pagi ternyata harimau sudah melahirkan dengan berat 3 kilogram. Setelah 3 bulan, sekarang beratnya sudah 7 kilogram," jelasnya.

Menurutnya, untuk perawatan bayi harimau ini tidak begitu sulit. Apalagi, indukannya mau menyusui anaknya tersebut. "Untuk kebutuhan susu sama induknya. Kalau kebutuhan makan sekarang 3 kilogram sampai 4 kilogram daging ayam setiap harinya," kata dia.



Simak Video "Harimau Pemangsa 7 Ternak Kena Jerat di Padang Pariaman"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA