Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 08:49 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Ini Perubahan Matahari dalam 1 Dekade Terakhir

Syanti Mustika
detikTravel
Matahari
Foto: NASA
Jakarta -

Tahukah kamu, bahwa matahari juga mengalami perubahan? Inilah video timelapse matahari dari 2010-2020 alias perubahan matahari dalam satu dekade. Lihat yuk!

Mungkin, kita yang ada di bumi saat melihat matahari, setiap harinya sama saja. Pagi terbit dengan hawa hangatnya, dan sore terbenam meninggalkan cahaya orange yang cantik.

Tapi ternyata matahari tidak sesederhana itu. Setiap harinya, dia juga mengalami perubahan. Itulah yang ditangkap oleh Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA. Ini adalah organisasi yang didirikan untuk mengamati matahari.


Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke 10, Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA meluncurkan sebuah video yang memperlihatkan timelapse matahari selama 1 dekade terakhir. Mereka telah mengambil 425 juta gambar resolusi tinggi semenjak Juni 2010.

[Gambas:Youtube]




Menggunakan sejumlah instrumen, SDO menangkap gambar-gambar ini setiap 0,75 detik. Timelapse menunjukkan foto yang diambil pada panjang gelombang 17,1 nanometer, yang merupakan gelombang ultraviolet ekstrem.

Video matahari ini pun diupload dengan durasi lebih 1 jam pada tanggal 24 Juni lalu. Dalam keterangan videonya, NASA pun menjelaskan bagaimana video memperlihatkan siklus naik turun matahari.

"Saat SDO terus menatap ke arah Matahari, ada beberapa momen yang terlewat. Bingkai gelap dalam video disebabkan oleh Bumi atau Bulan melampaui SDO saat mereka melewati pesawat ruang angkasa dan Matahari," tulis NASA.


Dalam video kamu bisa melihat siklus bintik-bintik dan semburan lidah api dari matahari yang tidak beraturan. Ada momennya tenang, ada pula sering terjadi semburan.

Rekaman yang dibagikan NASA ini sungguh menarik. Kita masyarakat awam bisa melihat bagaimana matahari yang jauhnya sangat dari bumi, bisa kita lihat perubahannya dalam 1 jam saja sembari bersantai di rumah.

Menarik banget ya, traveler...





Simak Video "Penampakan Aktivitas Matahari Selama 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA