Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jul 2020 15:30 WIB

TRAVEL NEWS

Traveling di Tengah Pandemi? Baca Ini Dulu...

Syanti Mustika
detikTravel
Mother and kids tourists sightseeing beautiful Italian town of Campiglia Marittima. Sunny summer day. Italy, Tuscany.
Foto: Istock
Jakarta -

Walau lockdown mulai dilonggarkan, bukan berarti kalian bisa traveling seperti yang sudah-sudah. Pertimbangkan dengan merujuk hal-hal berikut ini.

Beberapa negara telah membuka perbatasan dan wisatanya. Restoran, taman bermain, dan sederet tempat wisata berbenah menyambut turis yang ingin liburan.

Tapi, apakah traveling saat pandemi virus Corona benar-benar harus dilakukan? Bagaimana dengan sebutan new normal pariwisata?

detikcom mencoba merangkum beberapa hal yang mungkin harus traveler pikirkan dan pertimbangkan dahulu sebelum traveling di tengah pandemi COVID-19. Berikut uraiannya:

1. Tingkat penting dan mendesak

Walau sekarang sudah bisa keluar rumah dengan tetap menjaga jarak dan mengenakan masker, mungkin kamu harus mempertimbangkan alasan-alasan kamu harus keluar dari rumah, apalagi ke tempat wisata. Apakah sangat mendesak hingga bosan itu tidak tertahankan lagi? Atau sekadar jenuh setelah dikurung di rumah selama pandemi?


2. Periksa kesehatan

Kenali seberapa kuat daya tahan tubuhmu. Jika memang dalam keadaan tidak fit, jangan paksakan diri keluar rumah apalagi hingga naik transportasi umum dan bertemu keramaian. Mungkin pilihan di rumah adalah yang terbaik.

Juga jaga selalu kondisi tubuh, konsumsi makanan bergizi, sayur dan buah serta vitamin yang mendukung memperkuat imun tubuhmu.


3. Bawa perlengkapan wajib di tengah pandemi

Jika memang harus keluar rumah atau sangat ingin mencari angin segar, jangan lupa 'New Normal Tools' kamu ya. Masker cadangan, hand sanitizer, tisu basah, sabun cair dan lainnya.

Pastikan juga kamu tidak asal sentuh benda-benda yang sering dipegang orang. Ranjinlah cuci tangan dan sadar untuk tidak asal memegang wajah dengan tangan tidak bersih.

4. Bersih-bersih setelah bepergian

Setelah dari luar atau keramaian, sesampai di rumah langsung bersih-bersih. Ganti dan cuci pakaianmu dan jemur dengan cahaya matahari yang baik. Jangan lewatkan mandi dan selalu perhatikan kebersihan tangan.

5. Pilihlah tempat wisata yang out door

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata, mungkin tempat yang berkonsep out door atau terbuka bisa menjadi pilihan kamu. Serta pastikan juga protokol kesehatan di tempat wisata yang kamu kunjungi. Tetap jaga jarak dengan pengunjung yang lain ya walau tempat itu sangat luas dan terbuka.

6. Selalu update berita

Jika kamu ingin bepergian di tempat wisata di kota kamu, selalu pastikan update kondisi daerah kamu seperti apa ya. Jangan asal keluyuran karena bosan saja.

Selalu patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan Satgas Corona, demi keselamatan kita bersama. Sekali lagi, tetap jaga jarak, jaga kesehatan dan kenakan masker saat keluar rumah.


7. Jangan keluar negeri dulu

Traveling atau berwisata domestik mungkin bisa menjadi tujuan liburan saat ini. Kondisi negara-negara favorit yang belum stabil atau selalu berubah-rubah bisa menjadi pertimbangan kamu untuk tidak keluar negeri dulu. Serta masih banyak juga negara-negara yang masih ketat dalam menerima penerbangan internasional. Jika tidak mendesak, seperti urusan bisnis mungkin kamu berdiam diri dahulu di kawasan tempat tinggal kamu ya.



Simak Video "Strategi None Jakarta Promosikan Wisata saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA