Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jul 2020 21:29 WIB

TRAVEL NEWS

Masa Pandemi, Target Wisatawan Nusantara di Jateng Jadi 20 Juta

Eko Susanto
detikTravel
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi
Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Selama masa pandemi, Disporapar Jawa Tengah menargetkan kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 20 juta. Target kunjungan ini diharapkan bisa tercapai hingga akhir tahun.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan, soal target kunjungan wisatawan di Jateng tidak banyak berharap. Hal ini tentu harus realistis dan pragmatis, jika sebelum adanya COVID-19 target wisnus di Jateng sebanyak 50 juta, kemudian setelah adanya COVID-19 target wisnus 20 juta. Sedangkan pada masa pandemi ini, untuk wisman tidak ditargetkan.

"Saya tidak banyak berharap. Tentu akan realistis dan pragmatis, kalau sebelum COVID-19 itu, target wisatawan nusantara saya 50 juta. Setelah adanya COVID-19 ini, saya tidak terlalu muluk-muluk, target saya untuk wisatawan nusantara di Jawa Tengah sekitar 20 juta," kata Sinoeng kepada wartawan saat ditemui di sela-sela Focus Group Discussion Strategi Pengembangan Desa Wisata Dalam Menghadapi Tataran Normal Baru Pada Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Atria Hotel Magelang, Sabtu (11/7/2020).

Sinoeng menjelaskan, target 20 juta tersebut bisa tercapai. Pihaknya berharap pada triwulan terakhir, mendorong wisnus berkunjung di Jawa Tengah pada bulan Oktober, November dan Desember. Kemudian, pada bulan Januari, Februari, Maret lalu, sudah ada wisnus yang berkunjung sekitar 9 sampai 10 juta.

"Kenapa kok 20 juta. Harapan saya, pada triwulan terakhir, kita bisa dorong untuk wisatawan nusantara berkunjung. Oktober, November, Desember. Kenapa, asumsinya pada saat September, Insya Allah mudah-mudahan pandemi sudah melantai, Insya Allah. Lho kok 20 juta yakin. Kita kemarin, Januari, Februari, Maret sudah ada yang berkunjung ke sini, meskipun belum liburan kurang lebih sekitar ada kisaran 9-10 juta, wisatawan nusantara datang kesini. Lha kalau tiga bulan terakhir bisa nambah antara 9 sampai 10 juta kan jadi 20 juta. Jadi, toh kalau saya harus menargetkan wisatawan nusantara 20 juta itu cukup realistis," tuturnya.



Simak Video "Penemuan 2 Jenglot Gegerkan Warga Sragen"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA