Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jul 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Bedanya Pramugari Kereta Api dan Pesawat?

Bonauli
detikTravel
Pramugari kereta api
Gina, pramugari kereta api jarak jauh (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Pramugari tidak hanya ada di pesawat, tetapi ada juga pramugari kereta api jarak jauh. Sama-sama memberikan pelayanan, apakah ada perbedaannya?

Prami dan prama atau pramugari/a kereta api, begitulah panggilan mereka. Seperti awak kabin pesawat, pekerjaan sebagai prami dan prama bukan hal mudah.

detikTravel ingin mengajak traveler untuk berkenalan dengan prami dan prama. Mengenal perbedaan tugas dengan pramugara/pramugari di pesawat, juga ngeri-ngeri sedap bertugas saat pandemi virus Corona, juga banyak hal dalam liputan khusus pramugari-pramugara kereta api.

Gina Salsabila adalah satu dari sekitar 1.000 pramugari kereta api jarak jauh yang dikelola oleh PT Reska Multi Usaha, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Di atas rangkaian kereta api jarak jauh, Gina harus melayani seluruh penumpang tanpa ada pengecualian. Prami dan prama siap siaga selama perjalanan.

PT KAI kembali menambah lima perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Area Daop 1 Jakarta. Kereta itu akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.Pramugari kereta api jarak jauh Foto: Rifkianto Nugroho

"Prami dan prama itu bekerja dengan jumlah kru tiga sampai empat orang, tergantung perjalanan. Jika hanya dua sampai tiga jam cukup tiga orang, tapi kalau sampai belasan jam biasanya empat orang," ujar Gina.

Dalam satu kru ada dua prama dan dua prami yang bertugas. Prama atau pramugara kebanyakan bertugas di restorasi, sedangkan prami berkeliling menawarkan makanan. Tapi, tak jarang juga prama membantu berjualan.

"Banyak yang mengira beban kerja kami lebih mudah karena berada di angkutan darat, tapi kenyataannya tidak," dia menjelaskan.

Saat ini, rute kereta api terjauh adalah Jakarta-Malang dengan waktu tempuh 16 jam. Ada berbagai kelas yang ditawarkan kepada penumpang, mulai dari reguler ekonomi sampai eksekutif.

Pramugari kereta apiPrami dan prama di resto kereta api Foto: (Bonauli/detikcom)

Tugas melayani penumpang digilir untuk semua kelas. Tak ada keistimewaan pramugara kereta api dan pramugari kereta api untuk hanya melayani penumpang kelas eksekutif atau hanya ekonomi seperti awak kabin pesawat.

"Kalau performa bagus akan diberikan kesempatan melayani di kelas eksekutif. Selama sebulan jatahnya dua kali, sisanya melayani di kelas lain," dia menjelaskan.

Dengan perjalanan belasan jam dan tugas mondar-mandir melayani penumpang dalam belasan gerbong, bagaimana jatah istirahat pramugara dan pramugari? Jika awak kabin pesawat mempunyai ruang khusus untuk beristirahat, prama dan prami menyebutnya sebagai ruangan rahasia. Ruang tersebut berada di samping musala, dekat dengan gerbong restoran.

"Ruang rahasia kami itu kecil. Kalau awak kabin bisa buat tidur, kami cuma bisa duduk," ujar Gina.

Merenggangkan kaki, ngobrol sebentar atau sekedar memejamkan mata, begitulah cara Gina untuk melepaskan lelah. Butuh lebih dari sekedar fisik yang kuat untuk bisa bekerja sebagai prami dan prama.

"Dibutuhkan tiga hal untuk bisa menjadi pramugara kereta api dan pramugari kereta api. Enggak cuma penampilan, tapi juga fisik dan mental yang kuat," Gina mengungkapkan.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA