Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jul 2020 19:08 WIB

TRAVEL NEWS

Bison Kembali ke Hutan Inggris yang Minim Satwa Liar

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kawanan delapan bison Eropa merumput di pegunungan Rothaargebirge pada 5 Mei 2014 di dekat Bad Berleburg, Jerman. Proyek serupa ada di Inggris dan akan berlangsung pada 2022 dengan harapan bison akan memulihkan satwa liar.
Kawanan delapan bison Eropa merumput di pegunungan Rothaargebirge pada 5 Mei 2014 di dekat Bad Berleburg, Jerman. Proyek serupa ada di Inggris dan akan berlangsung pada 2022 (Foto: CNN)
London -

Inggris memiliki program unik dengan melepasliarkan bison di kawasan hutannya. Apa tujuannya? Diberitakan CNN, bison yang dilepasliarkan di Inggris adalah yang pertama kalinya dalam ribuan tahun. Keberadaannya diharapkan memacu menghidupkan kembali satwa liar.

Sudah sekitar 10.000 tahun bison Stepa mengalami kepunahan. Spesies satwa liar serupa di Inggris juga menuju kepunahan.

Bison Stepa kuno pernah menjelajahi tanah yang kemudian menjadi Inggris. Kehadiran mereka berimbas signifikan pada hewan dan tumbuhan lain untuk berkembang biak juga membuat ekosistem menjadi sehat.

Sekarang, Inggris tengah mencari kerabat terdekat bison Stepa untuk dilepasliarkan kembali di hutan kuno di daerahnya itu. Adalah bison Eropa.

Proyek Wilder Blean senilai USD 1,4 juta yang didanai oleh People's Postcode Lottery Dream bertujuan untuk melepaskan kawanan kecil bison Eropa ke hutan West Blean selama musim semi 2022. Lokasinya ada di dekat Canterbury, Kent Timur, Inggris.

Bison-bison ini didatangkan dari Belanda atau Polandia. Pelepasan sebelumnya telah terbukti berhasil.

Pada pelepasan awal di Inggris nanti mencakup satu jantan dan tiga betina. Peternakan alami diharap meningkatkan jumlah kawanan para bison ini.

Kent Wildlife Trust, salah satu organisasi konservasi yang memimpin proyek ini, menggambarkan bahwa bison Eropa sebagai insinyur ekosistem. Spesies ini dapat mengubah hutan dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh hewan lain.

"Mereka makan kulit kayu dan membuat debu yang memiliki manfaat bagi banyak tanaman dan hewan," katanya.

"Ini adalah fungsi yang telah hilang dari hutan Inggris kami selama ribuan tahun dan membawa mereka kembali dapat membantu memulihkan kekayaan satwa liar," imbuhnya.

Inggris adalah salah satu negara yang paling kekurangan satwa liar di dunia, menurut World Wildlife Fund (WWF). Lebih dari satu dari tujuh spesies asli bakal punah dan lebih dari setengahnya mengalami penurunan jumlah spesies.

"Proyek Wilder Blean akan membuktikan bahwa solusi berbasis alam liar adalah solusi yang tepat untuk mengatasi krisis iklim dan alam yang kita hadapi sekarang," kata Paul Hadaway, direktur konservasi di Kent Wildlife Trust dalam sebuah pernyataan.

"Menggunakan spesies terpenting yang hilang seperti bison untuk mengembalikan proses alami ke habitat adalah kunci untuk menciptakan satwa berlimpah di alam kita," imbuh dia.

Setelah bison bisa beradaptasi dan menetap di area berpagar Inggris, traveler lalu bisa mengamatinya dari kejauhan.



Simak Video "Tontonan Unik di Taman Safari, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA