Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jul 2020 10:47 WIB

TRAVEL NEWS

Apes Benar, Rumah-rumah Mewah di Tepi Pantai Ini Terancam Longsor

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Rumah mewah terancam longsor di pantai Wamberal
Rumah mewah terancam longsor di pantai Wamberal, Sydney (Foto: CNN)
Jakarta -

Puluhan rumah mewah di pinggir pantai ini terancam longsor. Apes benar.

Diberitakan CNN, rumah mewah itu ada di pesisir negara bagian New South Wales, Australia. Lokasi tepatnya ada di pantai Wamberal.

Tak sendirian, warga yang tinggal di 40 rumah terletak di pantai utara Sydney itu juga harus mengungsi selama beberapa hari terakhir. Erosi pantai mengancam rumah-rumah itu.

Properti ini bernilai jutaan dolar dan dibangun di atas tebing pantai Wamberal. Gelombang besar telah menggerogoti daratannya dan menyebabkan permukaan tebing hancur, bahkan airnya hampir mencapai rumah.

Akhir pekan ini, beberapa halaman belakang rumah mewah ini telah hilang ditelan air. Ada teras juga balkon yang runtuh sebagian.

Pihak berwenang menyatakan lusinan rumah mewah di pantai Wamberal itu berisiko longsor. Penduduk diberi waktu dua jam untuk mengepak barang-barang mereka dan mengungsi saat air surut.

Tidak jelas kapan mereka akan diizinkan kembali ke rumah mewah mereka. Pihak berwenang telah mematikan aliran listrik, gas, dan air ke properti paling berisiko tinggi dan memagari zona bahaya di pantai itu.

Rumah mewah terancam longsor di pantai WamberalRumah mewah terancam longsor di pantai Wamberal (Foto: CNN)

Pejabat lokal dan lembaga kesejahteraan bekerja untuk menyediakan akomodasi bagi para pengungsi. Banyak warga yang frustrasi dan menuduh pemerintah terlambat dalam mengambil tindakan yang cukup untuk mengatasi masalah lama itu.

Selama bertahun-tahun, warga lokal telah memperingatkan adanya erosi pantai yang dipercepat oleh perubahan iklim. Mereka telah melakukan lobi untuk pembangunan tembok laut, terutama setelah badai yang merusak pada tahun 2016.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah tak ingin adanya sikap saling menyalahkan. Mereka ingin semua pihak bergotong royong mengatasi masalah itu, kata Wali Kota Lisa Matthews.

Badai parah telah menghancurkan lanskap pantai Wamberal dan Central Coast sejak tahun 1970-an. Kejadian itu menyebabkan erosi parah dan kerusakan pada perumahan.

Rumah mewah terancam longsor di pantai WamberalErosi di pantai Wamberal (Foto: CNN)

Namun, baru tahun lalu dewan kota memulai investigasi awal dan mendesain pembangunan tembok laut. Erosi pantai juga mengancam warga lain di seluruh Australia, hampir 39.000 bangunan di sekitar pantai Australia berisiko erosi akibat perubahan iklim.

Sekitar 11.426 kilometer dari garis pantai Australia, sekitar 50% jumlah keseluruhan, terancam pada tahun 2100. Perubahan iklim menciptakan sistem cuaca yang ekstrem, dengan badai yang merusak.

Pantai adalah lingkungan yang dinamis. Garis pantai bisa bergeser dan berubah secara alami seiring dengan pasang surut juga karena perubahan permukaan laut.

Di seluruh dunia, setengah dari semua pantai berpasir bisa menghilang pada akhir abad ini. Bahkan pada tahun 2050 beberapa garis pantai bisa tidak dikenali, dengan 14-15% menghadapi erosi parah.



Simak Video "Ngerinya Longsor di Nepal: Rumah dan Manusia Terkubur"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA