Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jul 2020 21:01 WIB

TRAVEL NEWS

Letak Geografis Indonesia: Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
pancake peta indonesia
Foto: youtube/Letak Geografis Indonesia: Pengaruh dan Keuntungannya Lengkap
Jakarta -

Indonesia membentang luas di benua Asia Tenggara. Diperkirakan wilayah kekuasaan Indonesia mencapai 1,905 juta km². Nah, bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia?

Indonesia diketahui memiliki dua musim, yakni kemarau dan hujan. Sedangkan, negara lain ada yang memiliki empat musim, panas, gugur, dingin, dan semi. Perbedaan musim ini terjadi akibat adanya perbedaan letak astronomi dan geografi.


Letak geografis Indonesia:

1. Letak Wilayah Indonesia

Dikutip dari buku 'IPS Terpadu' terbitan Esis, letak astronomi Indonesia berada di antara 95° sampai dengan 141° Bujur Timur (BT) serta 6° Lintang Utara (LU) sampai 11° Lintang Selatan (LS). Sehingga berdasarkan posisi Bujur, Indonesia berada di belahan Timur dan posisi lintangnya berada di belahan bumi Selatan.

- Batas paling Utara 6° 08'LU tepat melewati Pulau Weh (Provinsi Nanggroe Aceh Daruussalam)

- Batas paling Selatan 11° 15'LS tepat melewati pulau Rote (Provinsi Nusa Tenggara Timur)

- Batas sebelah Barat 95° 45'BT melewati pulau Beureuh (Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam)

- Batas sebelah Timur 141° 05'BT melewati Sungai Fly dan Sungai Merauke (Provinsi Papua)

Untuk letak Geografis, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Singapura, dan Filipina pada bagian Utara. Kemudian, bagian Selatan berbatasan dengan Australia, Timur dengan Papua Nugini, dan Barat berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

2. Letak Geoglogis Indonesia

Geologis sendiri adalah letak suatu wilayah melihat keadaan geologi atau jenis bebatuannya. Di Indonesia sendiri, letak geologi dibagi menjadi tiga daerah, yakni daerah dangkalan Sunda, dangkalan Sahul, dan dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul.

Selanjutnya, Indonesia terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda, yakni di bagian Barat ada Sirkum Mediterania dan bagian Timur ada Sirkum Pasifik. Akibat adanya letak geologis ini, Indonesia memiliki banyak pegunungan api yang aktif.

Kemudian, tanah Indonesia juga menyimpan banyak barang tambang mineral. Serta, wilayah Indonesia menjadi daerah yang sering mengalami gempa bumi tektonik dan vulkanik.

3. Dampak Letak Astronomi Indonesia

Akibat adanya letak astronomi, ada beberapa dampak atau pengaruh yang ditimbulkan, misalnya iklim tropis Indonesia. Pasalnya, wilayah Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa.

Dengan berada di garis tersebut, Indonesia memiliki suhu udara, curah hujan, kelembaban yang rata-rata tinggi, serta terjadinya hujan zenithal. Kemudian, iklim tropis menyebabkan adanya keanekaragaman flora dan fauna di beberapa wilayah.

Selain itu, dampak lainnya adanya perbedaan waktu menjadi tiga daerah, yakni Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).

4. Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Dari letak geografis Indonesia sebenarnya memiliki keuntungan menjadi tempat persinggahan lalu lintas perdagangan internasional, baik darat, laut, dan udara. Dengan memanfaatkan lokasi ini, Indonesia seharusnya bisa memiliki keuntungan di bidang Ekonomi.



Simak Video "Surga Sup dan Soto di Jalan Biak Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA