Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Serba-serbi Livery Pesawat, Mengapa Begitu Penting?

Maskapai AirAsia
Ilustrasi livery atau cat pesawat dari AirAsia (Foto: Masaul/detikTravel)
Pengecatan ulang pesawat komersial

Pesawat komersial dicat ulang beberapa kali sepanjang masa operasinya. Dengan cara ini, maskapai penerbangan bisa tetap terlihat cerah dan segar.

Cat pesawat yang terawat dengan baik juga dapat membantu mencegah kemungkinan adanya masalah korosi. Maskapai besar di dunia memiliki jadwal pengecatan pesawat secara periodik, biasanya setiap enam tahun atau lebih.

Perubahan kepemilikan, rebranding maskapai, merger dan akuisisi juga merupakan faktor utama adanya pengecatan pesawat. Ribuan pesawat perlu dicat ulang agar selaras dengan perusahaan barunya.

Pengecatan ulang dimulai dengan pembersihan lapisan cat yang ada lebih dulu. Pesawat harus diampelas hingga menggunakan cairan kimia agar benar-benar bersih.

Waktu dan biaya pengecatan pesawat

Untuk melakukan cat pesawat biasanya memakan waktu sekitar satu hingga dua minggu dan biayanya sangat bervariasi. Semua itu tergantung pada ukuran pesawat dan kompleksitas desain.

Misal, mengecat pesawat penumpang biasa dihargai USD 150.000-300.000. Sedang harga pengecatan untuk pesawat yang lebih kecil hanya USD 50.000.

Namun, perombakan pesawat RAF Voyager milik perdana menteri Inggris diperkirakan menelan biaya lebih dari satu juta dolar. Boeing 737 milik Alaska Airlines dengan gambar Toy Story membutuhkan waktu 21 hari penuh karena desainnya yang rumit dan harus dilukis dengan menggunakan kuas, bukan semprotan.

Teknik lain yang lebih cepat dan lebih murah kadang-kadang digunakan untuk mendekorasi pesawat dengan desain yang sangat kompleks. Mereka menggunakan perekat khusus yang besar, disebut decals.

Pada dasarnya mereka menggunakan stiker (diproduksi dengan spesifikasi industri tertentu). Tapi decals tidak sesuai selera semua orang dan pengecatan pesawat tetap diminati.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA