Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jul 2020 20:46 WIB

TRAVEL NEWS

Lagi, Banyak Pendaki yang Belum Paham Aturan New Normal

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Embung Kledung di Temanggung
Embung Kledung di Temanggung (Foto: Instagram)
Jakarta -

Sejumlah gunung di Jawa Tengah sudah dibuka, gunung Sumbing salah satunya. Namun, di masa new normal kali ini banyak pendaki kurang mengerti dan mematuhi aturannya.

Artikel ini khususnya menyoroti rangkuman kejadian yang ada di base camp gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik. Jalur pendakian di sana sudah dibuka kembali selama 15 hari.

Berikut ini adalah pernyataan resmi base camp pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik seperti dilihat detikTravel dari Instagram resminya, Rabu (29/7/2020).

Beberapa catatan yang perlu kami sampaikan, evaluasi sementara 15 hari dibukanya jalur pendakian gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik, adalah:
1. Masih banyak yang belum tahu informasi pembukaan dan paham untuk pendaftaran menggunakan sistem booking
2. Physical distancing antar rombongan yang belum diperhatikan
3. Pentingnya memakai masker belum sepenuhnya disadari oleh pendaki pada saat interaksi di base camp
4. Kewajiban cuci tangan yang belum sesuai prosedur
5. Masih adanya surat keterangan sehat yang melebihi masa berlaku, maksimal 7 hari sebelum pendakian.

Catatan: mengingat masih banyaknya peningkatan situasi yang terjadi di beberapa daerah, kami tekankan untuk ke depannya agar selalu dipatuhi semua protokol kesehatan dan aturan yang sudah kami sampaikan.

Sebagai hasil evaluasi pertama, dengan ini kami sampaikan pendaki dari wilayah Jakarta dan Jawa Barat mulai Agustus sudah bisa mendaki dari base camp ini. Jawa Timur menyusul.

[Gambas:Instagram]

Dalam berita sebelumnya, ramai di media sosial mengenai seorang pendaki yang sepertinya kecewa pada pengelola base camp Gunung Prau. Ia tak terima harus menyewa sleeping bag karena uangnya menipis.

"Sebelumnya mohon maaf, kenapa nggak diinfokan masalah sleeping bag. Kasihan yang kemarin jauh-jauh dari Boyolali, rela nggak makan cuma demi sewa sleeping bag," kata pendaki ini, namun nama disamarkan oleh akun Instagram pengelola gunung Prahu, prau_mountain.

"Mereka nggak tahu kalau itu wajib," imbuh dia.

Lalu, pengelola base camp menjawab bahwa sleeping bag adalah peralatan standar pendakian. Selain itu, pengelola Gunung Prau juga memberi tahu bahwa suhu di puncak bisa mencapai nol derajat.

"SB (sleeping bag) sudah menjadi standar pendakian mas dan suhu di atas bisa nol derajat," kata prau_mountain.



Simak Video "Tangis Haru Ortu Pendaki yang Selamat Turun Gunung Lawu"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA