Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 11:59 WIB

TRAVEL NEWS

Nasib Masjid di Israel, Ditelantarkan Sampai Beralih Fungsi

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid di Tiberias, Israel.
Masjid Omari di Tiberias, Israel (Wikipedia)
Tiberias -

Berbeda dengan di negara Muslim, masjid di Israel mendapat perlakuan yang cukup miris. Tak sedikit yang ditinggalkan, ditutup hingga dialihkan fungsi.

Dikutip detikcom dari media Middle East Monitor, Kamis (30/7/2020), tercatat ada sekitar 40 masjid di Israel yang dihancurkan, ditutup dan ditinggalkan. Sementara itu, ada sekitar 17 masjid yang fungsinya diubah jadi bar, restoran hingga museum.

Salah satu contohnya adalah Masjid Al Ahmar di sisi Utara Kota Safed, yang telah diubah fungsi menjadi aula konser. Nasib lain juga menghampiri Masjid Al Jadid di Kota Caesarea yang diubah menjadi bar.

Dijelaskan oleh Kamal Khatib dari Komite untuk masyarakat Arab di Israel, kejayaan masjid di Israel hanya berlangsung sebelum era Nakba (periode konflik antara Israel dengan pihak Palestina dan Negara-negara Arab selama 1947-1949). Setelah era tersebut usai, nasib museum disebut mulai terpinggirkan.

"Setelah era Nakba masjid dihancurkan, terutama di desa-desa. Masjid lain diubah fungsi menjadi sinagoga, bar, museum, kafe dan restoran," ujar Khatib.

Khatib juga menyinggung kebijakan Israel yang disebutnya sentimen terhadap umat Muslim. Pemerintah Israel disebutnya punya hak untuk menyita properti masyarakat Palestina yang melarikan diri dari rumahnya.

Menanggapi kritik Khatib dan lainnya, pihak Israel disebut menampik isu perubahan alih fungsi masjid. Di bulan Oktober 2015 lalu misalnya, Menteri Luar Negeri Israel saat itu menyebut kalau ada sekitar 400 masjid di Israel. Jumlah umatnya juga disebut meningkat lima kali lipat selama 25 tahun terakhir.

Hanya saja, Khatib menyebut kalau Pemerintah Israel tak pernah sekali pun membangun masjid sepanjang sejarahnya. Malah, Pemerintah Israel disebut kerap mempersulit upaya renovasi masjid.

"Pemerintah Tiberias, menolak dan berargumen kalau mereka akan merenovasinya (Masjid Omari), tapi tak ada yang terjadi," ujar Khatib.

Tak sampai situ, masjid tersebut juga telah ditutup. Bahkan pihak Israel tegas melarang umat dan wisatawan memasukinya.



Simak Video "Israel Lockdown 3 Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA