Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 16:21 WIB

TRAVEL NEWS

Embun Es di Dieng Makin Sering, Homestay Full Dipesan

Uje Hartono
detikTravel
Homestay Dieng
Foto: Hometsay di kawasan Dieng (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Fenomena embun es di dataran tinggi Dieng selalu jadi daya tarik wisatawan. Homestay yang berada di sekitar Candi Arjuna bahkan sudah mulai penuh dipesan.

Kepala UPT Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami mengatakan, hingga saat ini banyak wisatawan yang datang untuk melihat fenomena alam embun es. Apalagi hari ini, Kamis (30/7/2020) embun es lebih tebal dari sebelumnya.

"Wisatawan yang hunting embun es banyak. Dari pagi sudah pada ke lapangan komplek Candi Arjuna," ujarnya kepada detikcom, Kamis (30/7/2020).


Ia memprediksi ada peningkatan jumlah wisatawan pada akhir pekan besok. Apalagi, mulai tanggal 1 Agustus 2020 obyek wisata Dieng mulai dibuka untuk umum.

"Prediksi hari Sabtu dan Minggu besok bakal ramai. Dan homestay di dekat obyek wisata Candi Arjuna ini sudah full dipesan wisatawan," terangnya.

Embun es menerpa tanaman kentang di Dieng, (30/7/2020)Embun es menerpa tanaman kentang di Dieng, (30/7/2020) Foto: Dok. warga Dieng, Hasta Priyandono


Sementara itu, Ketua Paguyuban Homestay Desa Dieng Kulon Fortuna Dyah Setyowati mengatakan, ada kenaikan pemesanan homestay untuk akhir pekan besok. "Sudah banyak yang pesan untuk akhir pekan besok. Mulai tanggal 31 Juli 2020," kata dia.


Saat ini, semua homestay di Dieng menerapkan standar kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona atau COVID-19. Mulai cek suhu, hingga menggandeng gugus tugas guna mengecek kesehatan wisatawan.

"Semua protokol kesehatan diterapkan di semua homestay. Ada cek suhu, cuci tangan dan pemeriksaan kesehatan dari gugus tugas. Nantinya, wisatawan yang pulang dari sini juga diberi surat keterangan sehat. Hal ini untuk menghindari adanya klaster baru dari Dieng," jelasnya.



Simak Video "Suhu Dieng Minus 5 Derajat Celsius, Kepingan Es Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA