Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jul 2020 22:18 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Ujung Kulon Siap Dibuka, Tunggu Izin KLHK

Bahtiar Rivai
detikTravel
Momen langka badak bercula satu tengah mengasin di Ujung Kulon.
Foto: Badak di Taman Nasional Ujung Kulon (dok. Istimewa)
Pandeglang -

Taman Nasional Ujung Kulon siap untuk buka lagi. Namun pembukaan tersebut menunggu izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengatakan pembukaan wisata di kawasan sana segera dibuka kembali untuk umum. Untuk waktunya, diperkirakan pada awal Agustus setelah Idul Adha dan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Pembukaan tempat wisata atau reaktivasi kawasan wisata menunggu persetujuan Menteri LHK. Balai TNUK sudah memohon izin untuk membuka tempat-tempat wisata kepada kementerian, mudah-mudahan awal Agustus ini sudah terbit suratnya dari pusat," kata Kepala Balai TNUK Anggodo kepada detikcom di Pandeglang, Banten, Kamis (30/7/2020).


Pihak balai sendiri, sudah berkoordinasi baik itu dengan Pemda Pandeglang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 jika akhirnya taman nasional Ujung Kulon dibuka.

Dan saat nanti jika Ujung Kulon dibuka, Anggodo melanjutkan bahwa pihaknya wajib menyiapkan standar operasional untuk wisatawan yang menuju ke sana. Selain harus menggunakan protokol kesehatan, pihak balai sudah menyiapkan sarana prasarana pendukung. Semua diperuntukkan agar kesehatan bisa terjaga khususnya dari penyebaran virus.

"Setiap taman nasional wajib menyiapkan SOP protokol kesehatan," ujarnya.


Di Ujung Kulon sendiri, sangat identik dengan satwa soliter dan ikonik badak jawa. Namun, satwa tersebut sangat jarang bisa ditemui oleh wisatawan dengan mata telanjang. Sejauh ini, badak selalu terekam di kamera pengintak milik TNUK.

Selain memiliki satwa ikonik, di Ujung Kulon sendiri terkenal akan keindahan pantainya. Wisatawan biasanya akan mengincar untuk melakukan penyeberangan ke Pulau Peucang atau ke Handeulum untuk menyusuri sungai Cigenter yang terkenal dengan keindahan alam liarnya.



Simak Video "Langka! Badak Jawa Tertangkap Kamera Bergulingan di Kubangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA