Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 21:19 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Pertama Buka, Gembira Loka Zoo Yogya Masih Sepi Wisatawan

Kristina
detikTravel
Hari Pertama Buka, Gembira Loka Zoo Yogya Masih Sepi Wisatawan
Gembira Loka Zoo (Foto: Kristina/detikcom)
Yogyakarta -

Setelah sempat tutup karena pandemi COVID-19, Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta resmi dibuka kembali hari ini. Terpantau sejak pagi sudah ada pengunjung meskipun angka kunjungan jauh di bawah sebelum pandemi.

"GL Zoo hari pertama dibuka tanggal 3 ini sudah ada pengunjung namun belum ramai kalau dibandingkan dengan sebelum pandemi," ungkap Plt. Kepala Bagian Promosi Gembira Loka Zoo, Mochammad Fahmi Ramadhan kepada detikcom, Senin (03/08/2020).

Pria yang akrab disapa Fahmi ini mengatakan, para pengunjung sudah melakukan reservasi sebelumnya namun ada juga yang memesan tiket di tempat.

"Ada beberapa yang sudah reservasi sebelum hari H itu sekitar hampir 100 orang. Kita tinggal menunggu kedatangannya. Ada yang langsung datang tanpa reservasi juga ada," ucapnya.

Dalam rangka mengantisipasi persebaran COVID-19, pihak GL Zoo sudah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pra kunjungan hingga pasca kunjungan. Para pengunjung disarankan untuk melakukan reservasi sebelum hari H melalui laman https://cs.glzoo.com. Ketika tiba di lokasi, pengunjung melakukan scan QR Code lalu diarahkan untuk mengikuti jalur satu arah.

"Untuk dolan nyaman di GL Zoo saat ini memang ada syarat berkunjung, terus cara reservasi dan sebagainya. Jadi perlu info-info yang harus tahu terlebih dahulu sebelum berkunjung," ujarnya.

Hari Pertama Buka, Gembira Loka Zoo Yogya Masih Sepi WisatawanFoto: Kristina/detikcom

Setelah berkeliling GL Zoo, pada pintu keluar terdapat banner yang berisikan protokol yang harus dilakukan setibanya di rumah.

Sementara itu, GL Zoo menyediakan beberapa pendukung protokol kesehatan. Terdapat 120 titik fasilitas cuci tangan yang tersedia. Terlebih untuk wilayah yang berpotensi adanya kerumunan.

"Untuk fasilitas pendukung protokol kesehatan salah satunya wastafel dan handsanitizer itu kami sediakan 120 titik wastafel di berbagai titik strategis. Misalnya di depan, terus di area seperti halte, resto, gerai souvenir dan titik yang berpotensi antrean," ia melanjutkan.

Terlepas dari itu, beberapa pengunjung terpaksa diminta pulang karena tidak memenuhi syarat protokol kesehatan yang diberlakukan. Terlebih bagi pengunjung yang berasal dari luar Yogyakarta.

"Beberapa ada (pengunjung yang tidak diperbolehkan masuk) karena mereka dari luar kota. Ada sekitar 2 mobil dari luar kota. Kemudian ada juga saat dicek suhu itu tidak memenuhi syarat," katanya.

Hal tersebut sudah menjadi kebijakan syarat kunjungan yang diterapkan pihak GL Zoo. Dijelaskan lebih lanjut oleh Fahmi, bahwa operasional baru ini hanya diperbolehkan untuk pengunjung di wilayah Yogyakarta.

"Kita menerapkan syarat kunjungan. Salah satunya tidak menerima (pengunjung) dari luar kota. Kecuali dari luar kota tapi sudah berdomisili di Yogya 14 hari," ia menjelaskan.

Pembatasan kuota kunjungan juga diberlakukan. Dalam sehari maksimal 500 pengunjung diperbolehkan masuk. Jam operasional GL Zoo pukul 09.00-15.00 WIB.

"Dalam sehari kita batasi sekitar 500 cuma itu nanti masih melihat situasi. Yang jelas kita batasi, cuma untuk jumlah angka kita sebenarnya fleksibel. Sementara di angka 500," lanjut Fahmi.

Hari Pertama Buka, Gembira Loka Zoo Yogya Masih Sepi Wisatawan Foto: Kristina/detikcom

Fahmi mengimbau untuk pengunjung diharapkan dapat memperhatikan informasi yang sudah ada sebelum berkunjung ke GL Zoo.

"Jadi untuk sahabat satwa (sebutan pengunjung Gembira Loka Zoo) itu selalu cek info di akun resmi media sosial GL Zoo ataupun website ataupun kontak customer service sebelum kunjungan. Barangkali ada perubahan jadi selalu cek info terbaru di GL Zoo dan kami tunggu di dolan nyaman di GL Zoo," tutup Fahmi.

Terlepas dari itu, protokol kesehatan yang diterapkan pihak GL Zoo disambut baik oleh Ani, pengunjung dari Yogya yang sudah tiba sejak pukul 09.00 WIB. "Protokolnya baik. Pelayanannya bagus. Mungkin satwanya saja yang mungkin perlu dibenahi kali ya, ditambah lagi,"ujarnya.



Simak Video "Rindu Suasana Jepang? Datang Saja ke Kalinampu"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA