Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Jadi Favorit Turis Timor Leste Sepanjang Bulan Juni

Femi Diah
detikTravel
Wisatawan domestik menggunakan masker saat liburan Idul Adha 1441H di masa Adaptasi Kebiasaan Baru tahap II di obyek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Sabtu (1/8/2020). Obyek wisata tersebut mulai dikunjungi wisatawan dari luar Pulau Bali dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 meskipun jumlahnya masih sedikit. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.
Ilustrasi Bali (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Jakarta -

Wisata Indonesia memang babak belur saat pandemi virus Corona, namun tetap ada turis asing yang berkunjung. Sepanjang bulan Juni, wisatawan asing terbanyak datang dari Timor Leste.

Merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada Senin (3/8/2020), Indonesia dikunjungi 160,3 ribu turis asing sepanjang bulan Juni 2020. Jumlah itu turun drastis dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1,4 juta wisman.

Dari jumlah kedatangan wisman di bulan Juni, mayoritas adalah turis dari Timor Leste. Yakni, mencapai 82,5 ribu atau 51,5 persen.

Pada peringkat kedua, turis asing berasal dari Malaysia. Jumlahnya 62,8 ribu atau 39,2 persen.

Jumlah kedatangan turis Malaysia itu saja sudah turun mencapai 78,14 persen dibandingkan pada Juni 2019. Begitu pula dengan jumlah turis dari Timor Leste, jika dibandingkan bulan Juni 2019, tahun ini angkanya turun 78,14 persen.

Sementara itu, untuk negara yang menunjukkan penurunan terbesar pada bulan Juni 2020 dibandingkan tahun lalu adalah turis dari negara Prancis, Selandia Baru, dan Yaman.

wisman di bulan juniJumlah wisman di bulan Juni, Timor Leste paling banyak Foto: data bps

Industri wisata memang menjadi sektor yang paling terpukul oleh wabah virus Corona. Sejak Januari hingga Juni, statistik menunjukkan jumlah wisatawan paling sedikit ada di bulan April, sebanyak 158,7 ribu wisman.

Padahal, di awal tahun jumlah wisman sempat menjanjikan, yakni mencapai 1,2 juta turis asing. Tapi kemudian dunia dilanda wabah Corona. Sejumlah negara menutup perbatasan sehingga penerbangan pun tak bisa beroperasi.

Dalam prosesnya, Indonesia juga turut mengikuti langkah untuk membatasi keluar masuk traveler. Rencananya, wisata Indonesia bakal dibuka lagi untuk turis asing pada September 2020. Bali dijadikan pilot project pembukaan gerbang wisata saat pandemi di Indonesia.

Tapi, faktanya, angka kasus infeksi virus Corona di Indonesia belum mereda sampai saat ini.



Simak Video "RI Alami Deflasi 0,05% di Agustus 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA