Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Agu 2020 11:44 WIB

TRAVEL NEWS

Kalau Menurut Zodiak, Siapakah Kamu dalam Dunia Wayang?

Kristina
detikTravel
Penokohan wayang sesuai zodiak
Toko wayang menurut zodiak (Kristina/detikcom)
Bantul -

Wayang juga mengenal astrologi. Di Museum Wayang Kekayon, Yogyakarta traveler bisa mengintip tokoh wayang sesuai zodiak masing-masing.

Wayang menjadi warisan budaya Nusantara yang diakui UNESCO pada 2003. Wayang dianggap sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dalam kultur masyarakat Jawa, wayang dimaknai sebagai manifestasi kehidupan manusia di alam dunia.

Kini, Museum Kekayon membuat terobosan agar generasi milenial akrab dengan wayang. Itu agar wayang tak punah.

Salah satu langkah yang dibuat adalah lewat astrologi, zodiak. Ya, andai berkunjung ke Yogyakarta, traveler dapat mencocokkan karakter dengan tokoh pewayangan yang ada di Museum Wayang Kekayon.

Masing-masing tokoh wayang memiliki karakter dan peranannya sendiri. Salah satu cara untuk mengenalkan sifat dan karakter yang ada dalam tokoh pewayangan adalah melalui astrologi wayang.

Tepatnya, di Museum Wayang Kekayon yang lokasinya di Jl Jogja-Wonosari KM 7. Di sana tersimpan berbagai koleksi wayang mulai dari wayang purwa hingga wayang kreasi baru.

Dikatakan oleh Iwan, edukator Museum Wayang Kekayon dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, astrologi wayang dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk mengenalkan wayang kepada masyarakat khususnya anak muda.

Penokohan wayang sesuai zodiakPenokohan wayang sesuai zodiak Foto: (Kristina/detikcom)

"Ini (astrologi wayang) lebih pada strategi untuk mendekatkan dunia pewayangan kepada anak-anak muda," kata Iwan kepada detikcom saat ditemui di Museum Wayang Kekayon, Kamis (6/08/2020).

Pemaknaan karakter pada wayang didasarkan atas kecocokan sifat antara zodiak dan tokoh pewayangan.

"Jadi, diambil dari kecocokan sifat yang dimiliki antara suatu bintang kepada salah satu tokoh yang ada dalam cerita wayang. Biasanya diambil dari sifat umum," dia menambahkan.

Terdapat dua tokoh wayang dari masing-masing zodiak, yakni laki-laki dan juga perempuan. Nah, siapakah tokoh wayangmu sesuai zodiak?

Berikut adalah zodiak beserta tokoh yang ada dalam pewayangan:

1. Aquarius

Orang dengan zodiak ini memiliki kepribadian ekstrovert dan bersifat sosial, mudah bergaul, dan banyak teman. Pemaaf, cekatan, dan pandai. Tapi, ia juga pelupa dan tak jarang dikatakan orang yang ingkar janji. Dalam tokoh pewayangan karakter ini dimiliki oleh Arjuna dan Kamaratih.

2. Pisces

Pemilik zodiak dengan lambang dua ikan ini dimiliki oleh Ramawijaya dan Dewi Drupadi. Mereka memiliki sifat suka mengalah, namun agak kikir. Mereka adalah pribadi yang mudah bergaul, suka memilih perdamaian, dan suka menolong.

3. Aries

Orang Aries cenderung keras kepala dan suka hal-hal baru atau suka berkelana. Sifat ini dimiliki oleh Gatotkaca dan Mustakaweni. Ia memiliki pandangan luas dan selalu ingin berkembang, pantang mundur dan teguh yang merupakan kunci sukses menjadi pimpinan.

4. Taurus

Sifat-sifat orang dengan zodiak ini dimiliki oleh Puntadewa dan Dewi Sinta. Keduanya merupakan orang yang sabar, teliti, dan mudah menyesuaikan diri. Tapi bila sudah marah, ia akan mengamuk. Selain pendiam, ia juga keras hati dan tidak mau diperintah.

5. Gemini

Zodiak yang dilambangkan dengan orang kembar ini cenderung tidak konsisten. Tapi, ia memiliki intelegensi yang tinggi, pandangan luas, waspada, dan pandai merencanakan sesuatu. Jika dalam tokoh pewayangan sifat ini akan ditemukan pada diri Kresna dan Dewi Uma.

6. Cancer

Orang-orang cancer dikenal dengan perasaannya yang halus dan suka menyendiri. Namun, ia cenderung penyayang dan tidak suka hura-hura. Meskipun pendiam, gerak geriknya lincah dan cerdas. Sifat-sifat tersebut ada pada tokoh Hanoman dan Dewi Sri.

7. Leo

Berbicara tentang sosok jujur, pemberani, dan terus terang Werkudara dan Srikandi adalah yang paling tepat. Meskipun mereka dikenal mudah naik darah, namun ketahuilah pasti akan mudah mereda pula.

8. Virgo

Zodiak satu ini merupakan lambang kesucian yakni gadis. Memiliki sifat kritis, dan tentu cocok menjadi seorang kritikus. Pekerjaannya rapi, detail, dan tidak suka menonjolkan diri. Dalam tokoh pewayangan sifat ini dimiliki oleh Ontoseno dan Trijoto.

9. Libra

Pemilik zodiak ini memiliki perasaan yang halus namun mudah tersinggung. Cenderung tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Ia juga suka menggantungkan diri kepada orang lain. Sifat-sifat tersebut dimiliki oleh Samba dan Bonowati.

10. Scorpio

Orang Scorpio memiliki motivasi yang tinggi dalam menghadapi segala persoalan. Tapi, ia dikenal dengan sifat anehnya yakni suka merahasiakan sesuatu bahkan dengan sahabat karibnya sekalipun. Ia bisa menjadi pemimpin yang baik namun juga bisa menjadi penjahat besar. Sifat ini ditemukan pada sosok Semar dan Sembadra.

11. Sagitarius

Zodiak dengan lambang seorang pemanah ini memiliki sifat pemberani dan suka mengadu seseorang. Bertubuh kuat dan cocok menjadi olahragawan. Ia juga cerdas dan rajin bekerja. Dalam tokoh pewayangan ia digambarkan oleh Baladewa dan Rarasati.

12. Capricorn

Tekun dan pantang mundur dalam menghadapi sesuatu adalah ciri orang-orang Capricorn. Ia memiliki jiwa patriot yang tinggi dan bertanggungjawab. Tapi, ia tidak mudah percaya pada orang lain. Sifat ini mirip dengan Kumbokarno dan Siti Sundari.



Simak Video "Kantor DPRD DIY Ditutup Gegara 4 Anggota Kena Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA