Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Agu 2020 09:29 WIB

TRAVEL NEWS

TN Komodo akan Buka untuk Wisnus dan Ekspat 15 Agustus

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Jokowi di Pulau Rinca
Taman Nasional Komodo (Abdul Haris/detikcom)
Labuan Bajo -

Setelah usai fase 1, Taman Nasional (TN) Komodo akan masuk fase 2. Di fase ini, TN Komodo telah terbuka untuk wisnus dan ekspat pada 15 Agustus mendatang.

Taman Nasional Komodo memiliki beberapa fokus dalam masa new normal saat ini. Pada 6 Juli, pengelola masuk fase 1 yang bersifat simulasi atau percontohan.

"Fokus pertama Taman Nasional Komodo yakni simulasi pelayanan pengunjung. Lalu ada fase kesatu, fase kedua dan fase ketiga," kata Taman Nasional Komodo dalam unggahan video terbaru di akun Instagram resminya.

Sejumlah simulasi baru dilakukan, seperti sistem booking online, pembatasan wisatawan dan lainnya. Adapun di fase pertama, TN Komodo baru dibuka untuk masyarakat NTT saja.

[Gambas:Instagram]



Lewat unggahan terbaru di Instagram seperti dilihat detikTravel, Minggu (9/8/2020), pihak TN Komodo kini telah masuk ke fase 2. Dalam fase ini, TN Komodo kini terbuka untuk wisatawan nusantara/domestik dan ekspat dengan catatan.

"Bagi WNI dan ekspat yang telah tinggal di Indonesia sejak Maret 2020 atau lebih awal, dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo," bunyi informasinya.

Sejalan dengan protokol terkait COVID-19, pihak TN Komodo juga memberlakukan pemesanan tiket dengan sistem online melalui registration.labuanbajoflores.id.

Namun, ada sejumlah situs diving yang dibatasi atau diberi kuota. Contohnya seperti Batu Bolong, Karang Makassar, Siaba Besar dan Mauwan. Di luar itu, tidak ada kuota khusus.

Lebih lanjut, wisatawan diminta untuk mengikuti protokol Clean Health Safety atau CHS ketika mengunjungi TN Komodo. Yang tak kalah penting, hasil negatif Rapid Test/PCR juga diperlukan.

"Anda diwajibkan membawa hasil rapid/PCR test yang masih berlaku selama berkunjung."

Adapun, hasil rapid/PCR test yang dianggap valid di TN Komodo adalah selama 14 hari sejak waktu pengambilan test. Melewati waktu berlaku, hasil test tak lagi dianggap valid.



Simak Video "Asal-usul Komodo, Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA