Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Agu 2020 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Paling Bugar, Bisa Tebak di Mana?

Putu Intan
detikTravel
Multi ethnic group of young  women exercise outdoor, next to the river. They are wearing sport clothing, running, stretching, celebrate and support each other.
Swiss menjadi negara paling buar di dunia. (iStock)
Jakarta -

Reebok melakukan studi untuk mengetahui negara paling bugar di dunia dengan melihat kuantitas lari dan fasilitas olahraga. Hasilnya, Swiss menduduki posisi puncak.

Studi untuk menemukan negara paling bugar itu dilakukan berdasarkan analisis Reebok pada pelari amatir dan profesional. Studi dilakukan di negara yang berbeda-beda menggunakan pengukuran spesifik, termasuk jumlah lintasan per satu juta orang, jumlah maraton per satu juta orang, rata-rata waktu maraton, jumlah gym per 10 kilometer persegi di kota terpadat di setiap negara, dan jumlah medali Olimpiade yang diperoleh cabang atletik serta ketahanan negara.

Dari studi tersebut didapatkan hasil, Swiss menempati ranking pertama. Skornya adalah 7,44 dari 10.

Swiss tercatat memiliki waktu maraton tercepat kedua (3 jam 49 menit 13 detik), jumlah gym terbanyak di Zurich (16 per 10 kilometer persegi) dan banyak lokasi indah untuk berlari.

Peringkat Swiss ini diikuti oleh Portugal, Prancis, Irlandia, dan Belanda. Spanyol menempati posisi ke-12 dengan waktu maraton tercepat yakni 3 jam 49 menit dan 9 detik.

Kemudian Norwegia yang menempati peringkat 6 memimpin dalam jumlah pelari profesional dengan 28 pemegang medali Olimpiade di cabang atletik.

Sementara itu, Prancis yang menempati peringkat ketiga memimpin untuk kategori jumlah lintasan lari yang totalnya berjumlah 141.

"Tetap bugar adalah sesuatu yang dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia, dengan manfaat yang signifikan bagi tubuh dan pikiran kita. Berlari adalah salah satu bentuk olahraga yang paling mudah, karena merupakan bagian dari latihan dan aktivitas di luar ruangan. Banyak dari negara-negara ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, cocok untuk dinikmati sambil jogging di luar," kata juru bicara Reebok.

Berlari tentunya memiliki segudang manfaat. Mulai dari untuk menjaga kebugaran sampai dapat menikmati pemandangan indah di suatu negara. Di masa pandemi ini, traveler juga dapat melakukan olahraga lari tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peringkat negara terbugar (amatir):

1. Swiss
2. Portugal
3. Prancis
4. Irlandia
5. Belanda
6. Norwegia
7. Amerika Serikat
8. Jerman
9. Australia
10. Kanada
11. Inggris
12. Spanyol

Peringkat negara terbugar (profesional):

1. Inggris
2. Amerika Serikat
3. Norwegia
4. Jerman
5. Prancis
6. Swiss
7. Australia
8. Belanda
9. Jepang
10. Italia
11. Portugal
12. Irlandia

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA