Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 19:43 WIB

TRAVEL NEWS

Ada yang Berbeda dengan Hari Belanja Diskon Indonesia Tahun Ini

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020 bakal digelar 14 Agustus – 30 Agustus 2020. Gojek turut serta dalam HBDI ke-4 ini.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sejumlah sektor telah terdampak oleh virus Corona yang melanda dunia. Hal ini juga berpengaruh pada event Hari Belanja Diskon Indonesia 2020.

Walaupun pandemi belum berakhir, aktivitas masyarakat harus tetap berjalan demi memulihkan kembali sektor-sektor yang telah terpuruk. Tahun ini, Hari Belanja Diskon Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) hadir bukan hanya sekedar event perbelanjaan melainkan ikut serta membantu perekonomian nasional.

"Buat kami ini adalah sebuah gerakan bukan hanya sekedar belanja diskon seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi sangat strategis dalam kondisi hari ini karena kita ketahui dalam kondisi penuh tantangan ini sebetulnya yang paling penting menggerakkan ekonomi," kata Staf Ahli Menteri Koperasi UKM, Fiki Satari, Jumat (14/8/2020) dalam Acara Peresmian Hari Belanja Diskon Indonesia.

Menurut Dewan Pembina Hippindo, Johnny Andrean, di tahun yang istimewa ini, Hippindo akan bersikap positif dalam keadaan apapun. Dia menuturkan, acara Hari Belanja Diskon Indonesia tahun ini tak memandang profit yang dihasilkan, melainkan memulihkan kembali ekonomi yang sedang diuji.

"Kalau kita diam takut maka kita akan jatuh semua, jadi untuk itu kita harus bergerak dan terus promosi dan kami semua sepakat para anggota Hippindo bahwa kita tidak melihat profit, ini bagaimana kita survive kita bisa mengembalikan ekonomi yang berkembang," kata Johnny Andrean

Jika di tahun lalu hanya merchant offline yang diikutsertakan, di masa pandemi Corona, di mana banyak masyarakat yang mengandalkan pembelian online, kini Hari Belanja Indonesia melibatkan berbagai marketplace untuk ikut serta.

"Pelaku offline retail dan online dan UMKM baik brand lokal maupun global semua jadi satu, ini bisa dibilang event persatuan retailer dan ini memang terjadi karena kita semua saling membutuhkan," kata Ketua HBDI 2020, Fetty Kwartati.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama menuturkan, event yang mendukung program pemerintah bangga buatan Indonesia ini diharapkan bisa memulihkan ekonomi nasional sekaligus menyejahterakan UMKM yang memperkenalkan produk-produk buatan Indonesia.

"Penyelenggaraan HBDI 2020 sebagai momentum pemulihan ekonomi nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik serta memperkuat program nasional bangga buatan Indonesia," kata Wishnutama.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA