Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Agu 2020 05:39 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenang Pesawat N250 Gatotkaca dan Wanita Mualaf Penjaga Bar di Swiss

1

1. Pesawat N250 Gatotkaca yang akan dimuseumkan

Halaman 2 dari 6

Proses pembongkaran N250 Gatotkaca
Foto: (dok PT DI)

Pesawat N250 Gatotkaca akan dimuseumkan setelah mangkrak dua dekade. Pesawat legendaris itu dibongkar sebelum dipindahkan. Diketahui, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah membongkar pesawat karya BJ Habibie itu.

"PTDI sudah melakukan proses pembongkaran pesawat, diawali dengan membuka semua panel akses di bagian utama, baik itu engine, propeler, maupun struktur utama pesawat N250, seperti bodi, wing dan vertical stabilizer," ucap Manajer Komunikasi Perusahaan dan Promosi PTDI Adi Prastowo dalam keterangan resminya kepada detikTravel, Kamis (20/8)

Adi menuturkan proses pembongkaran dilakukan secara hati-hati. Rangkaian pesawat yang dibongkar itu nantinya akan dirangkai kembali untuk dipajang di Museum Pusat Dirgantara Mandala di Lanud Adisutjipto, DI Yogyakarta.

"Pelaksanaan pembongkaran mengedepankan safety, baik itu personel maupun peralatan yang digunakan. Ini dilakukan agar bagian-bagian struktur pesawat yang dibongkar tidak mengalami kerusakan hingga nanti dipasang kembali di Yogyakarta," tuturnya.

Menurut Adi, pesawat N250 Gatotkaca akan dikirimkan ke museum menggunakan jalur darat. Proses penerimaan akan dilakukan pada 25 Agustus 2020 dengan dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Udara, Direktur Utama PTDI beserta pejabat PTDI, dan TNI AU.

(rdy/fem)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA