Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Agu 2020 21:14 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin Lihat Pesawat N250 di Yogyakarta? Ini Waktunya

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta
Foto: Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)
Yogyakarta -

Pesawat N250 Gatotkaca tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pagi tadi. Traveler bisa melihatnya segera!

Pesawat N250 akan menjadi salah satu koleksi museum dan dipamerkan ke masyarakat. Lalu kapan masyarakat bisa melihat langsung pesawat itu?

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kolonel (Sus) Dede Nasrudin menjelaskan saat ini museum sedang tutup akibat pandemi virus Corona sejak Maret. Rencananya, museum kembali beroperasi pada bulan depan.

"Museumnya untuk umum, cuma karena ini ada COVID -19 jadi tutup sementara. Rencananya awal bulan depan (September) sudah kami buka," kata Dede saat ditemui di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Jumat (21/8/2020).

Dia menegaskan semua persiapan untuk kembali membuka museum telah dilakukan. Di depan museum sudah ada tempat untuk cuci tangan, termasuk dengan personel.

"Kita sudah siap dengan protokol kesehatan, personel sudah siap, tinggal nunggu izin dari dinas terkait," terangnya.

Total di museum ini ada 3 ribu koleksi. Selain pesawat terbang, ada senjata dan juga bom.

Museum Pusat TNI AU Dirgantara MandalaMuseum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Foto: (Jauh Hari/detikcom)

"Koleksi pesawat terbang ditambah pesawat N250 ini jadi ada 60. Tapi secara total di museum ini ada sekitar 3.000 koleksi, termasuk senjata dan bom," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto menargetkan untuk perakitan ulang pesawat bisa selesai pada Agustus. Pihaknya pun berusaha untuk mengembalikan bentuk asli pesawat seperti saat pertama kali terbang.

"Kita perbaiki pelan-pelan agar lebih bagus lagi. Kita usahakan bulan Agustus sudah selesai," kata Fajar.

"Nanti kita rapikan, dalamnya akan kita sesuaikan dengan saat terbang pertama kali, instrumen, tempat duduk akan kita sesuaikan, sehingga masyarakat bisa masuk, duduk, bisa merasakan inilah pesawat buatan bangsa sendiri," tambahnya.

Nantinya, pesawat propeler pertama buatan Indonesia ini akan dipajang di area paling depan dari museum. Agar bisa dilihat seluruh masyarakat.

"Pesawat N250 Gatotkaca ini akan kami rapikan, kami taruh paling depan sehingga seluruh masyarakat bisa melihat dan ini sebagai pertanda bahwa bangsa Indonesia pernah jaya di dirgantara," tegasnya.

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA