Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Agu 2020 19:37 WIB

TRAVEL NEWS

Pasar Tradisi Lembah Merapi Magelang Dibuka Kembali

Eko Susanto
detikTravel
Pasar Lembah Merapi
Pasar Lembah Merapi (Foto: Pemkab Magelang)
Magelang -

Pasar Tradisi Lembah Merapi di Gununggono, desa Banyubiru, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali. Pembukaan kembali ini dengan menerapkan protokol kesehatan setelah libur kurang lebih 6 bulan karena pandemi Corona.

Adapun Pasar Lembah Merapi ini dibuka setiap hari Minggu. Di pasar yang berada di Gununggono ini berada di bawah pohon bambu. Saat berada di pasar ini, jika cuaca cerah pengunjung bisa melihat keindahan gunung Merapi.

Saat berada di pasar ini, pengunjung bisa menikmati makanan tradisional. Adapun makanan tradisional yang dijajakan antara lain tiwul, gatot, cenil, kacang godog dan makanan lainnya.

Untuk di pasar ini, pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan yang ada. Kemudian, pengunjung terlebih dahulu menukarkan uang rupiah dengan uang khusus di pasar tersebut yang diberi nama dono.

Pasar Lembah MerapiPasar Lembah Merapi (Foto: Pemkab Magelang)

Pembukaan kembali Pasar Tradisi Lembah Merapi ini dilakukan Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Kepala desa Banyubiru, Wintoro mengatakan, sejak Pasar Tradisi Lembah Merapi dibuka awal tahun 2019 perputaran uangnya mencapai Rp 1,2 miliar. Kemudian sejak ada COVID-19 dan harus berhenti beroperasi selama 6 bulan. Akibat berhenti operasi sementara, 37 lapak pedagang pun rusak.

"Kami berharap dengan dibukanya kembali lokasi ini oleh pak bupati Magelang, ke depannya perekonomian masyarakat di sini kembali normal," katanya kepada wartawan, Minggu (23/8/2020).

Pembukaan saat pandemi, katanya, menerapkan protokol kesehatan. Adapun protokol kesehatan itu antara lain pengunjung memakai masker, dicek suhunya, cuci tangan dan jaga jarak.

"Kami berharap dengan dibukanya kembali ekonomi bergerak," ujarnya.

Sementara itu Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan kondisi pandemi COVID-19 saat ini telah membawa dampak yang luar biasa. Pandemi ini juga berdampak pada sektor pariwisata.

"Pandemi juga menimbulkan dampak besar terutama pada sektor pariwisata dunia, termasuk Indonesia," kata Zaenal.

Pihaknya berpesan kepada pedagang, pengunjung Pasar Tradisi Lembah Merapi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. "Kami tetap wanti-wanti kepada para pedagang, pengunjung dan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan melalui instruksi bupati Magelang nomor 3 tahun 2020," tuturnya.

[Gambas:Video 20detik]

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA