Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Agu 2020 07:28 WIB

TRAVEL NEWS

Akses Fasilitas Hotel Tanpa Sentuhan Bisa Pakai Google Nest Hub

Putu Intan
detikTravel
Google Nest Hub
Ilustrasi Google Nest Hub. (Foto: CNN)
Jakarta -

Google Nest Hub bekerja sama dengan hotel menyediakan fitur yang mampu merekam suara dan mengubahnya menjadi perintah agar traveler dapat mengakses fasilitas hotel tanpa sentuhan.

Berwisata di kala pandemi Corona memang membutuhkan kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebisa mungkin traveler mengurangi kontak fisik di tempat umum, termasuk hotel.

Sejumlah hotel telah dilengkapi dengan fasilitas tanpa sentuhan (touchless), misalnya di lift atau pintu kamar. Namun masih banyak pula yang belum mampu menerapkan teknologi itu.

Namun baru-baru ini, Google menawarkan teknologi yang dapat membantu tamu hotel. Teknologi ini sudah digunakan di sejumlah hotel di Amerika Serikat dan Inggris. Dengan teknologi ini, tamu hotel tak perlu lagi menggunakan tangan mereka untuk mengakses fasilitas itu.

Dilansir dari Travel and Leisure, hotel-hotel tersebut bekerja sama dengan Google yang menyediakan Google Nest Hub di setiap kamar. Dengan perangkat ini, tamu dapat melakukan permintaan layanan kamar, mencari tahu jam operasional restoran dan toko, meminta informasi tentang hotel, prakiraan cuaca, objek wisata lokal, dan bahkan mengatur pencahayaan di kamar hanya melalui suara.

Serunya lagi, tamu juga dapat melakukan permintaan yang sangat spesifik. Misalnya, mengatur jadwal alarm dan meminta tambahan handuk.

Tamu yang menginginkan layanan hiburan juga bisa menggunakan Google Nest Hub ini. Tamu dapat memilih tayangan Youtube, mengakses situs berita, musik, dan lainnya. Jika tamu ingin menghubungkan aplikasi dengan Bluetooth di ponsel juga bisa dilakukan.

Selain itu, tamu juga dapat melakukan check out tanpa perlu lewat resepsionis lagi melainkan melalui Google Assistant. Tamu tak perlu antre sehingga mereka dapat menerapkan aturan jaga jarak.

Dengan seluruh kecanggihan itu, tamu tak perlu khawatir akan privasi mereka. Sebab identitas tamu akan dijaga dengan baik. Google Nest Hub tidak memiliki kamera dan tamu tak diwajibkan untuk mendaftarkan diri untuk menggunakannya. Vitur microphone juga dapat dinyalakan dan dimatikan serta Google menjamin tidak ada audio yang disimpan.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA