Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Sep 2020 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Pasar Tomohon Masuk Penghargaan Wildlife Photographer of the Year 2020

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Wildlife Photographer of the Year 2020
Pasar ekstrem yang menjual berbagai hewan di Tomohon (Foto: Wildlife Photographer of the Year/CNN)
Jakarta -

Wildlife Photographer of the Year 2020 merilis nominasi foto alam liar terbaik bagian pertama. Ada beragam objek kaya makna di dalamnya, termasuk pasar ekstrem Tomohon.

Diberitakan CNN, ada penampakan tupai merah di Hokaido, burung puffin di Farne Island, juga hutan di Brasil, dan tar sand atau pasir minyak di Kanada. Selain itu, juga suasana di pasar tradisional Tomohon yang dikenal menyediakan makanan dari satwa. Semua karya itu menjadi foto-foto pertama yang dirilis dari penghargaan Wildlife Photographer of the Year 2020.

Penyelenggara, pada hari Selasa (1/9/2020), menerbitkan 16 dari 68 foto pilihan para juri dari berbagai kategori. Foto-foto jepretan fotografer profesional dan amatir itu akan dipamerkan mulai 16 Oktober di Natural History Museum London.

Salah satu foto yang dirilis adalah primata yang terancam punah, lutung red shanked douc. Foto lutung yang memiliki penampilan keren itu diambil oleh Arshdeep Singh, 13 tahun, yang bersaing pada kategori 11-14 tahun.

Arsdeep berasal dari India, namun fotonya diambil di Vietnam.

Wildlife Photographer of the Year 2020Wildlife Photographer of the Year 2020 (Foto: Wildlife Photographer of the Year/CNN)

Foto lainnya, oleh Charlie Hamilton James, memperlihatkan sebatang pohon dengan latar belakang amukan kebakaran hutan. Api terlihat menyinari kehancuran hutan hujan Amazon. James bersaing pada kategori foto tunggal.

Selain itu, pasar Tomohon di Sulawesi Utara juga masuk dalam salah satu foto yang dirilis pada Wildlife Photographer of The Year 2020 tersebut. Foto itu masuk kategori foto tunggal dan dibuat oleh fotografer asal Prancis Quentin Martinez.

Nomine penghargaan itu terpilih dari hampir 50.000 foto yang berasal dari fotografer dari 25 negara berbeda. Karya terbaik akan diumumkan pada 13 Oktober dan acara penghargaan akan dilakukan secara virtual dari Natural History Museum.

Para pemenang Wildlife Photographer of The Year 2020 akan menyumbangkan 32 foto lagi ke pameran di museum itu. Sehingga, total foto yang dipamerkan akan menjadi 100 buah.

Wildlife Photographer of the Year 2020Wildlife Photographer of the Year 2020 (Foto: Wildlife Photographer of the Year/CNN)

"Semua foto yang mendapatkan pujian secara efektif akan menjadi pemenang, berada di posisi 100 teratas. Peringkat itu diberikan oleh juri setelah memilih lebih dari 49.000 foto," kata Roz Kidman Cox, ketua panel juri, dalam sebuah pernyataan.

"Ada gambar yang menonjol dari fotografer muda," Roz tanpa menyebut secara detail foto yang mana. Tapi, besar kemungkinan foto itu adalah karya ABG 13 tahun dari India, Arsdeep yang memotret lutung endemik Vietnam itu.

Tim Littlewood, direktur eksekutif sains di Natural History Museum dan anggota panel juri, mengatakan kompetisi ini dikenal karena menarik fotografer dan naturalis terbaik di dunia.

"Tapi tidak pernah ada waktu yang lebih penting bagi penonton di seluruh dunia untuk kembali terlibat dengan alam, dan cara yang lebih baik dari pameran yang menginspirasi dan provokatif ini," kata Tim.

Di samping dipajang di pameran di Natural History Museum, foto-foto itu akan dibawa keliling Inggris dan tur dunia, menurut siaran pers.



Simak Video "Tragis! Anjing Dibakar dan Dikonsumsi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA