Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Sep 2020 23:31 WIB

TRAVEL NEWS

Malaysia Tutup Pintu Hari Ini, Kemlu Beri Imbauan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
landmark Kuala Lumpur Petronas
Ilustrasi Kuala Lumpur di Malaysia (Getty Images/iStockphoto/Rat0007)
Jakarta -

Tepat hari Senin ini (7/9), Malaysia menutup perbatasan bagi sejumlah negara termasuk Indonesia. Kemlu pun merilis imbauan.

Seperti diinformasikan sebelumnya Pemerintah Malaysia menutup pintu untuk warga negara India, Filipina, dan Indonesia menyusul tingginya jumlah kasus penderita positif virus Corona di tiga negara tersebut per hari Senin ini (7/9).

Mengutip Bloomberg, dalam pengumuman yang dilakukan pada Selasa (1/9) itu, pembatasan untuk tiga negara tersebut berlaku untuk pelajar, ekspatriat, permanent residents, dan anggota keluarga. Keputusan itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob.

"Dalam pertemuan hari ini diputuskan untuk menerapkan larangan masuk warga India, Indonesia, dan Filipina ke Malaysia," ujar Ismail, Selasa (1/9).

"Penutupan ini berlaku untuk Permanent Residents (PR), pemilik Malaysia My Second Home (MM2H), ekspatriat dalam semua kategori, mereka yang memiliki visa pasangan, dan pelajar yang merupakan warga negara dari negara yang dimaksud," ujarnya.

Keputusan ini menurutnya merupakan saran dari Kementerian Kesehatan Malaysia, yang merasa larangan masuk akan menjadi metode paling efektif untuk mengurangi kasus impor Corona di Malaysia.

"Malaysia akan terus memonitor situasi dan bisa memperlebar larangan jika virus kembali meningkat di banyak negara," ujar Ismail.

[Gambas:Instagram]



Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI merespons keputusan itu dengan memberi imbauan lewat laman Instagram resmi Safe Travel Kemlu seperti dilihat detikTravel pada Senin (7/9).

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengimbau bagi Anda untuk menunda rencana perjalanan ke wilayah Malaysia hingga kebijakan pelarangan tersebut dicabut," bunyi pernyataan resmi Kemlu.

Sebagai negara tetangga, Indonesia hanya bisa mengikuti aturan yang diterapkan oleh Malaysia. Di satu sisi, Kemlu juga meminta pengertian WNI agar tak melakukan perjalanan ke Malaysia hingga ada update lebih lanjut.

Adapun belum ada informasi lebih lanjut sampai kapan larangan itu berlaku. Hanya untuk keterangan lebih lanjut, dapat dilihat melalui situs Imigrasi Malaysia di (www.imi.gov.my).



Simak Video "Kasus Corona di Malaysia Meningkat Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA