Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Sep 2020 12:41 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! Blitar Sudah Buka 32 Situs Candi

Erliana Riady
detikTravel
Situs candi Blitar
Situs candi Blitar (Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Adaptasi kebiasaan baru mulai bergeliat di sektor pariwisata. Sebanyak 32 destinasi situs dan candi bersejarah di Blitar kembali dibuka untuk umum.

Kepala Disparbudpora Pemkab Blitar, Suhendro Winarso bilang, semakin banyak destinasi wisata yang sudah memenuhi protap Corona. Sehingga pengelola direkomendasikan untuk membuka kembali lokasi wisatanya.

"Per September ada 15 destinasi wisata yang kami rekomendasikan buka. Juga ada tambahan sebanyak 32 situs dan candi mulai dibuka kembali di wilayah Kabupaten Blitar," kata Hendro dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/9/2020).

Pembukaan kembali destinasi situs dan candi ini, lanjut dia, setelah pihaknya menerima surat resmi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim sebagai pengelola. Yang menyatakan, jika mereka juga siap menerapkan protokoler kesehatan di semua lokasi wisata situs dan candi di Kabupaten Blitar.

Situs candi BlitarSitus candi Blitar Foto: (Erliana Riady/detikcom)

Beberapa situs dan candi itu diantaranya Candi Penataran di Kecamatan Nglegok, Candi Sawentar di Kecamatan Kanigoro. Juga Candi Simping di Kecamatan Kademangan, Candi Kalicilik di Kecamatan Ponggok dan Candi Kotes di Kecamatan Gandusari.

Hendro mengaku, setiap pekan pihaknya terus memantau pelaksanaan protokoler kesehatan di lokasi wisata yang sudah mendapatkan rekomendasi. Tahapan evaluasi tetap berjalan, menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru di semua lokasi wisata.

"Sesuai Perbup Blitar nomor 40 tahun 2020 itu, kami lakukan evaluasi secara daring per bulan. Jadi yang sudah mendapatkan rekomendasi akan kontinyu melaporkan perkembangan kondisi terkini. Apabila ada laporan atau temuan pelanggaran SOP protokoler kesehatan, kami bersama Satgas COVID-19 akan memberikan sanksi. Tapi Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada laporan masuk. Semoga ke depan semakin baik dan lebih baik lagi," pungkasnya.

Situs candi BlitarSitus candi Blitar Foto: (Erliana Riady/detikcom)



Simak Video "Polri: Tim Khusus Dalami Seteru Kasat Sabhara dan Kapolres Blitar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA