Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Sep 2020 14:11 WIB

TRAVEL NEWS

Negara-negara Terluas di Dunia 2020 Lengkap

Puti Yasmin
detikTravel
Peta dunia dengan nama nyeleneh
Foto: (Strumpshaw, Tincleton & Giggleswick)/Ilustrasi Negara-negara Terluas di Dunia 2020 Lengkap
Jakarta -

Dunia ini terbagi-bagi menjadi hampir 200 negara yang mana masing-masing memiliki besar atau luas wilayah berbeda-beda. Mayoritas negara terluas di dunia berada di benua Amerika diantaranya Kanada, Amerika Serikat, Brasil, dan Argentina.

Sementara Indonesia meski merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 1,9 juta km2 namun tak masuk dalam jajaran 10 negara terluas di dunia. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan terluas di dunia.


Berikut negara terluas di dunia dikutip dari buku 'Ensiklopedia Pelajar dan Umum' karya Gamal Komandoko:

1. Rusia

Rusia menjadi negara terluas di dunia. Sebab, total luas negara yang berada di Benua Eropa tersebut mencapai lebih dari 17 juta km². Artinya Rusia delapan kali lebih besar dari Indonesia atau 25 kali lebih besar dari Prancis.

Waktu masih bernama Uni Soviet, wilayah negara ini jauh lebih besar. Luasnya sekitar 22,4 juta km2. Meski memegang predikat negara terluas di dunia, populasi Rusia jauh di bawah Indonesia. Menurut data dari worldometers, jumlah penduduk Rusia kurang dari 146 juta jiwa.

2. Kanada

Kanada memiliki luas mencapai 9.98 juta km². Negara yang terletak di bagian Amerika Utara berbatasan langsung dengan Alaska di sebelah Selatan dan Barat.

3. Amerika Serikat

Negara selanjutnya adalah Amerika Serikat dengan luas mencapai 9.82 juta km². Amerika serikat sendiri merupakan negara federal yang terdiri atas 50 negara bagian.

4. China

Selain di dunia, China juga menjadi negara terluas di Asia.Total luas negara Tirai Bambu ini mencapai 9.59 juta km² dengan letak astronomis berada di 18º LU - 54ºLU dan 73º BT - 135º BT.

5. Brazil

Negara Brazil menjadi negara terluas di dunia urutan 5. Negara ini memiliki luas mencapai 8.51 juta km². Negara dengan Ibu Kota di Brasilia ini berbentang alam dataran tinggi dan pegunungan

6. Australia

Australia memiliki luas negara mencapai 7.79 juta km². Negara ini menganut sistem persemakmuran sehingga terdiri dari enam negara bagian dan dua teritorial, yakni Australia Selatan (Adelaide), Australia Barat (Perth), New South Wales (Sidney), Tasmania (Hobart), Queensland (Brisbane), Victoria (Melbourne), Teritorial Australia Utara (Darwin), dan Teritorial Australia (Canberra).

7. India

Negara terluas di dunia yang terakhir adalah India. Negara yang terletak di Asia Selatan ini memiliki luas mencapai 3,28 juta km² dan menjadi negara terluas di dunia urutan tujuh.



Simak Video "KontraS Nilai Penanganan Pandemi Corona Berdampak ke HAM"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA