Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 05:44 WIB

TRAVEL NEWS

Selamat! Giant Panda Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke-28

Putu Intan
detikTravel
Giant Panda Eimei
Giant Panda Eimei. (Foto: Adventure World Zoo Wakayama)
Wakayama -

Giant panda di Jepang baru saja merayakan ulang tahunnya yang-28. Ultah giant panda tertua di dunia ini dirayakan dengan kue dan dekorasi bambu.

Giant panda yang tengah berbahagia itu bernama Eimei. Ia merupakan giant panda jantan yang kini tinggal di Kebun Binatang Adventure World di Prefektur Wakayama, Jepang.

Dilansir dari Kyodo News, Jumat (18/9/2020) ulang tahun Eimei dirayakan dengan dekorasi yang unik. Terlihat batang bambu dibentuk menjadi angka 28. Hiasan itu menyimpan makna panjang umur dan kesejahteraan.

"Staf dan pengunjung dibuat senang dengan tingkahnya yang aktif,"kata penjaga kebun binatang, Hinaka Fukuda.

"(Dekorasi) dengan bambu, mengingat bambu tumbuh cepat dan lurus, kami berharap dia akan terus panjang umur dan sehat,"ia mengungkapkan.

Eimei sebenarnya lahir di Beijing sebelum dibawa ke Jepang pada 6 September 1994. Pada 2014 lalu, ia dinobatkan sebagai giant panda tertua di dunia dan berhasil berkembang biak secara alami.

Sejak kedatangannya ke Jepang, ia sukses menjadi ayah bagi 15 anak di kebun binatang tersebut. Namun 11 anaknya tak berada dekat dengannya, mereka sudah dikirimkan kembali ke China.

Dari seluruh anaknya, Eimei paling sering kawin dengan giant panda Rauhin. Rauhin telah menjadi ibu dari 9 anaknya. Saat ini Rauhin juga sedang mengandung anak Eimei dan diperkirakan akan melahirkan pada musim gugur ini.

Eimei sendiri terbilang produktif berkembang biak secara alami sebab giant panda terkenal sebagai satwa yang gemar menyendiri dan hanya kawin pada musim tertentu. Sekali kawin pun belum tentu dapat menghasilkan anak. Oleh sebab itu, giant panda seringkali dibantu manusia melalui program inseminasi buatan untuk dapat berkembang biak.



Simak Video "InstaTalk!: Mengenal Keunikan dari Giant Panda Taman Safari"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA