Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Orang Berumur Panjang Paling Banyak Ada di Yogyakarta

Putu Intan
detikTravel
jajanan Pasar Beringharjo
Ilustrasi lansia di Yogyakarta. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Selain terkenal sebagai destinasi wisata, Yogyakarta juga menjadi rumah bagi para lansia yang berumur panjang. Angka Harapan Hidupnya tertinggi di Indonesia.

Traveler yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, pasti pernah berpapasan dengan orang lanjut usia (lansia) yang biasanya masih mengenakan pakaian tradisional. Beberapa dari mereka bahkan masih aktif berkegiatan. Misalnya berdagang di pasar-pasar tradisional yang kerap dikunjungi wisatawan.

Tahukah traveler, lansia di Yogyakarta ternyata jumlahnya terbanyak lho di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Desember 2019, penduduk lansia di Yogyakarta mencapai 14,5 persen dari total penduduk 3,8 juta jiwa. Dengan kata lain, jumlah lansia di sana lebih dari 557 ribu orang.

Sementara itu, berdasarkan Angka Harapan Hidup (AHH) di tahun 2019, BPS juga menempatkan Yogyakarta di posisi puncak. AHH ini dibedakan berdasarkan gender perempuan dan laki-laki. Untuk perempuan, AHH-nya adalah 76,76 tahun sedangkan laki-laki AHH-nya adalah 73,13 tahun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan AHH Indonesia, yaitu 73,33 untuk perempuan dan laki-laki 69,44 tahun.

Arti dari AHH ini adalah seorang bayi dapat bertahan sampai usia tertentu, di mana di Yogyakarta mencapai sekitar 76 tahun untuk perempuan. AHH yang tinggi ini dapat dipengaruhi dari adanya perbaikan status kesehatan masyarakat, termasuk peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

Sementara itu, Mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek pernah mengatakan ada dua faktor yang menyebabkan AHH DIY tinggi, yaitu gaya hidup dan budaya. Ia bahkan menyebut orang Yogya memiliki sikap yang tenang dan kalem sebagai salah satu penunjang umur panjang mereka. Namun diperlukan penelitian lebih jauh mengenai penyebab panjang umurnya orang Yogyakarta ini.

Selain Yogyakarta, ada 4 provinsi lainnya yang juga punya AHH tinggi di Indonesia. Provinsi itu adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Berkaca dari negara tetangga yakni Jepang yang terkenal memiliki banyak penduduk lansia, rahasia umur panjang itu didapatkan dari gabungan diet, pengendalian stres, sampai genetik. Misalnya di Okinawa, orang-orang mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan vitamin, antara lain ikan dan rumput laut.

Kemudian orang Okinawa juga tetap aktif di masa senja dengan mengikuti berbagai kegiatan komunitas. Mereka juga rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Dengan tetap beraktivitas, orang Okinawa dapat meminimalisir stres. Sebab mereka tetap dapat berinteraksi dengan sesama dan saling menguatkan.

Kemudian untuk faktor genetik, penelitian dari Okinawa Centenarian Study menemukan bahwa orang yang hidup lebih dari 100 tahun, memiliki penurunan risiko genetik untuk penyakit autoimun dan inflamasi. Artinya, mereka menurunkan gen sehat pada generasi di bawahnya sehingga umur mereka juga bisa panjang.



Simak Video "Berjalan 8 Km Cari Anaknya, Lansia Ditemukan Tewas di Mamuju"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA