Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Sep 2020 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Tipe Hotel yang Diminati Traveler untuk Staycation

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Protokol Kesehatan Hotel di Bali
Ilustrasi hotel di Bali (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Di tengah tren staycation yang mulai menjamur, masing-masing traveler punya preferensi masing-masing. Berikut tipe hotel yang diminati oleh traveler.

Beberapa waktu lalu saat PSBB Transisi, tak sedikit traveler Indonesia yang mulai beralih ke gaya liburan staycation atau menginap di hotel yang berlokasi tak jauh dari rumah.

Selain lebih dekat secara jarak, tren staycation juga menawarkan pengalaman berlibur yang dianggap cukup aman di tengah pandemi. Tak heran, kalau banyak traveler yang melakukannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh survey dari Wego (online travel marketplace) yang menangkap fenomena serupa. Dilihat detikTravel dari siaran persnya, Rabu (16/9/2020), survei Wego mengungkap staycation sebagai salah satu tipe perjalanan yang paling diminati masyarakat. Sebanyak 26 persen responden menyatakan keinginannya untuk staycation saat keadaan sudah memungkinkan.

Adapun, sejumlah kota besar di Indonesia ternyata cukup digemari untuk staycation. Sejalan dengan hasil survei, jumlah pencarian hotel sepanjang Mei - Agustus 2020 menunjukkan perkembangan, dengan Bandung, Yogyakarta, Jakarta dan Bali sebagai kota dengan angka tertinggi.

Dari keempat kota di atas, tiap traveler punya tipe hotelnya masing-masing. Berikut tipe hotel yang disukai oleh traveler di 4 kota besar tersebut:

Bandung

Untuk tipe hotel yang paling diminati, hotel berbintang 4 dan 5 berada di peringkat teratas. 30 persen untuk hotel bintang 4 dan 25 persen untuk hotel bintang 5. Kisaran tarif hotel-hotel ini adalah Rp 460.000 - Rp 1.300.000 per kamar per malam.

Yogyakarta

Sama seperti Bandung, hotel yang paling banyak diminati di Yogyakarta adalah hotel bintang 4 (28 persen) disusul dengan hotel bintang 5 (24 persen). Kisaran tarif hotel-hotel ini adalah Rp 315.000 - Rp 1.112.000 per kamar per malam.

Jakarta

Persentase hotel yang paling diminati di Jakarta cukup berimbang antara hotel bintang 3, 4, dan 5. Sebanyak masing-masing 30 persen pengguna Wego melihat hotel bintang 4 dan 5, disusul dengan hotel bintang 3 yang dilihat oleh 28 persen pengguna. Kisaran harga hotel-hotel tersebut mulai dari Rp 394.000 - Rp 1.686.000.

Bali

Sebanyak 30 persen pengguna Wego mencari hotel berbintang 4 di Bali. Sebanyak 26 persen pengguna lainnya mencari hotel bintang 5. Kisaran harga hotel yang paling diminati juga lebih luas dibanding kota-kota lain, yaitu mulai dari Rp 364.000 - Rp 2.124.000.

Itulah beberapa tipe hotel yang digemari traveler untuk staycation. Terlepas dari data di atas, pilihlah hotel yang menerapkan protokol kesehatan dan tentunya masuk dalam bujet Anda.



Simak Video "Capai 60%, Begini Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA