Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Sep 2020 08:02 WIB

TRAVEL NEWS

Petugas Bandara Curiga Penumpang Bawa Peledak, Eh Tahunya Baterai

Syanti Mustika
detikTravel
barang yang ditemukan TSA
Baterai rakitan yang diduga alat peledak Foto: (dok TSA)
New York -

Aparat keamanan bandara Amerika menemukan sebuah barang mencurigakan yang dibawa penumpang saat di bandara. Barang itu awalnya dicurigai sebagai peledak.

Seperti yang diberitakan Fox News, Minggu (20/9/2020) petugas Transportation Security Administration (TSA) atau Administrasi Keamanan Transportasi Bandara Internasional F. Kennedy di New York City, awal bulan ini melaporkan adanya penumpang yang membawa barang yang aneh. Mereka pun menahan dan memeriksa barang yang dibawa.

Petugas TSA pun menarik bagasi kabin untuk melakukan pencarian lebih lanjut. Mereka pun menemukan dua benda elektronik yang saling terhubung dengan daya listrik dan bentuknya juga tidak karuan.

Tentu untuk mencegah risiko yang lebih besar, mereka pun memanggil ahli peledak untuk mengidentifikasi benda tersebut. Dan mereka menemukan bahwa benda ini berpotensi sebagai bahan peledak.

Penumpang yang membawa benda pun langsung diinterogasi dan mengaku bahwa benda ini dibuat untuk menyalakan barang elektronik mereka. Karena mereka sulit menemukan baterai yang sesuai untuk perangkat mereka saat bepergian.

"Kasus ini menunjukkan keahlian petugas TSA kami dalam mengidentifikasi kemungkinan barang berbahaya yang berpotensi menyebabkan peristiwa bencana," kata John Essig, Wakil Direktur Keamanan Federal TSA untuk bandara.

"Kami melihat pemikiran kritis dari dua petugas TSA saat mengetahui bahwa komponen perangkat yang mereka deteksi dapat mengakibatkan hasil yang tragis. Mereka pun menghubungi salah satu pakar bahan peledak kami untuk mengkonfirmasi kecurigaan mereka. Ini adalah tangkapan yang bagus dan menunjukkan bahwa tenaga kerja kami terampil dalam mengidentifikasi barang terlarang dan barang yang tidak boleh dibawa ke pesawat," tambahnya.

Setelah melewati pemeriksaan, akhirnya penumpang diizinkan bepergian dengan syarat baterai mereka ditinggalkan di bandara. Petugas TSA menyita barang ini untuk dibuang demi keamanan.

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA