Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Berbulan-bulan Tutup, Kolombia Mulai Buka Pintu Perbatasan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Wisata Kolombia
Foto: Pulau San Andres (iStock)
Jakarta -

Setelah pembatasan yang dilakukan selama berbulan-bulan, Kolombia segera membuka penerbangan internasional. Pantai akan dibuka secara bertahap.

Dikutip dari Lonely Planet, Kolombia berencana membuka penerbangan internasional kembali mulai hari ini 21 September. Namun untuk sementara perbatasan darat, laut dan sungai tetap ditutup.

Berdasarkan pernyataan dari Menteri Perhubungan, Angela Maria Orozco, Amerika Serikat, Meksiko, Republik Dominika, Brazil, Ekuador, Bolivia dan Guatemala akan menjadi tujuan pertama yang akan dibuka kembali untuk penerbangan Kolombia.

Penumpang akan diminta menunjukkan bukti hasil tes virus Corona yang negatif. Mereka diminta mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan.

"Seluruh sektor berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, sehingga operasi ini dilakukan dengan aman," ujarnya.

Pada awal September, Kolombia mulai melonggarkan beberapa pembatasan setelah lockdown selama enam bulan. Bandara El Dorado Bogota telah dibuka pada Selasa untuk penumpang domestik yang mulai melakukan perjalanan udara pertama kali sejak Maret.

Sedangkan pada hari Minggu, ribuan pengendara sepeda berpartisipasi dalam Car Free Day atau jalan sepeda yang pertama kalinya sejak enam bulan lalu. Ada Badut yang turun ke jalan, dia melambaikan tangan untuk mengingatkan warga tentang jaga jarak dan mengenakan masker.

Wisata KolombiaWisata Kolombia Foto: (Sebast Nur/Getty Images)

Para pejabat negara mengatakan bahwa Kolombia telah melewati masa puncak virus Corona, namun keadaan darurat nasional tetap berlaku hingga 1 November. Bogota memperkenalkan 'rencana empat hari' untuk meminimalisir kontak antar warga yang menerapkan beberapa bisnis dan tempat kerja beroperasi empat hari dalam seminggu.

Berdasarkan rencana, restoran akan dibuka dari hari Kamis hingga Minggu dan hanya beroperasi dengan kapasitas 25%. Namun, warga bisa berbelanja di hari Rabu dan Minggu.

Di Medellin, restoran, bar dan hotel sudah dibuka dengan pedoman kesehatan dan keselamatan yang baru. Sedangkan hot spot liburan di kota Cartagena, menurut media lokal pantai akan dibuka secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan dengan aturan zonasi baru untuk menjaga keamanan.

Sedangkan di bagian Kolombia lain yang masih memerangi Corona, otoritas lokal menerapkan pembatasan khusus untuk menahan penyebaran virus.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA