Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Sep 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Nekat Buka Kembali, Taj Mahal Sepi Pengunjung

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kondisi Taj Mahal hari pertama saat buka kembali, Senin (21/9/2020)
Kondisi Taj Mahal hari pertama saat buka kembali, Senin (21/9) (Yogesh Kumar Singh/BBC)
Agra -

Di tengah tingginya penderita COVID-19 di India, objek wisata kenamaan Taj Mahal nekat buka kembali. Namun, suasana sepi masih menyelimuti.

Setelah ditutup sementara selama lebih dari 6 bulan sejak Maret lalu akibat COVID-19, Taj Mahal di Agra mulai buka kembali hari Senin ini (21/9/2020) seperti dilansir detikTravel dari BBC.

Namun, pembukaan kembali itu terbatas hanya untuk 5.000 pengunjung per hari demi menekan penyebaran COVID-19. Pambatasan itu pun cukup signifikan, mengingat dahulu Taj Mahal bisa dikunjungi sekitar 70 ribu wisatawan per hari.

Buka kembali sejak pukul 08.00 pagi ini waktu setempat, keseluruhan area Taj Mahal telah lebih dulu disemprot desinfektan. Semua staff juga diwajibkan memakai masker dan pelindung wajah.

Kondisi Taj Mahal hari pertama saat buka kembali, Senin (21/9/2020)Petugas yang memakai protokol kesehatan (Yogesh Kumar Singh/BBC)

Tak sampai situ, di area masuk juga disiagakan pos pengecekan suhu. Proses pembelian tiket juga telah berubah menjadi digital atau online demi mengurangi kontak fisik.

Boleh selfie, tapi tak boleh swafoto

Di lapangan, aturan social distancing juga telah diterapkan. Pengunjung masih diperbolehkan melakukan foto selfie, tapi tak boleh melakukan swafoto atau berfoto ramai-ramai.

Namun, pembukaan kembali Taj Mahal tak disambut dengan antusias oleh wisatawan. Pasalnya, provinsi Uttar Pradesh yang menjadi lokasi Taj Mahal tercatat memiliki kasus positif COVID-19 terbesar ke lima di India saat ini.

"Tidak ada antrean, rasanya bukan seperti di Taj Mahal. Saya pikir tak akan banyak orang yang datang selama kasus terus bertambah," ujar jurnalis setempat, Yogesh Kumar Singh.

Hanya walau sepi, nyatanya tetap ada wisatawan yang datang berkunjung ke Taj Mahal di hari pembukaannya kembali. Salah satunya adalah Gautam Sharma, yang rela berkendara dari Delhi.

"Saya tahu tak akan banyak orang yang berkunjung. Jadi saya pikir akan aman untuk mengunjungi Taj Mahal pada hari awal pembukaannya," ujarnya.

Hingga saat ini, India diketahui memiliki lebih dari 5 juta kasus positif COVID-19. Atas alasan tersebut, pembukaan Taj Mahal hari ini bisa disebut sebagai salah satu yang tersepi dalam sejarah.



Simak Video "Kasus Corona Masih Tinggi, India Berniat Buka Wisata Taj Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA