Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Sep 2020 09:11 WIB

TRAVEL NEWS

Arkeolog Mesir Temukan 27 Peti Mati Tersembunyi di Piramida Saqarra

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
27 Peti Mati Ditemukan di Piramida Saqarra
Foto: Peti mati ditemukan di Piramida Saqarra (MINISTRY OF TOURISM AND ANTIQUITIES/AP)
Saqarra -

Tim arkeolog dari Mesir berhasil menemukan 27 peti mati yang tersembunyi di dalam Piramida Saqarra. Belum diketahui mumi siapa saja di dalam peti mati itu.

Baru-baru ini, tim arkeolog Mesir menemukan lebih dari 2 lusin peti mati yang tersembunyi di dalam Piramida Djoser di Saqarra, sebelah selatan Kairo, Mesir. Peti mati tersebut masih tersegel dan belum dibuka sejak dikuburkan sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Dilansir detikTravel dari AP, Rabu (23/9/2020), juru bicara Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, Neveine el Arif menyebut sebanyak 13 peti mati ditemukan di awal bulan September, sedangkan 14 peti mati lainnya baru pekan lalu ditemukan pada sebuah lubang sedalam 11 meter.

Dalam foto-foto yang diedarkan oleh pihak kementerian, terlihat peti mati tersebut memiliki warna-warni yang cerah. Peti mati itu juga didekorasi dengan aksara kuno Hieroglif khas Mesir.

Beberapa artefak juga turut ditemukan di lokasi yang sama dimana mereka menemukan peti mati tersebut. Para arkeolog saat ini tengah bekerja keras untuk mencari tahu asal peti mati tersebut.

27 Peti Mati Ditemukan di Piramida SaqarraTim peneliti dengan peti mati yang ditemukan di Piramida Saqarra Foto: (MINISTRY OF TOURISM AND ANTIQUITIES/AP)


Neveine akan mengungkapkan tentang detail peti mati tersebut, termasuk rahasianya pada bulan depan. Proses ekskavasi saat ini tengah dilakukan oleh tim terkait. Bukan tidak mungkin peti mati lainnya akan ditemukan selama proses tersebut berlangsung.

Tahun lalu, tim arkeolog juga menemukan ratusan hewan yang sudah jadi mumi di dalam Piramida Saqqara. Hewan-hewan tersebut antara lain, burung, buaya, bahkan 2 ekor anakan singa.


Di Dataran Tinggi Saqarra sendiri ditemukan sekitar 11 buah piramida, termasuk Piramida Djoser. Piramida-piramida ini diperkirakan berasal dari Dinasti Pertama (2920-2770 sebelum Masehi) hingga pada masa Periode Koptik (tahun 395-642 Masehi).

Saat ini, Mesir tengah gencar-gencarnya mempromosikan penemuan arkeologis baru guna menarik wisatawan untuk datang ke negara itu. Langkah ini diambil guna mempertahankan pesona pariwisata negeri Firaun itu di tengah masa pandemi Corona.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA