Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Sep 2020 06:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bendera Negara-negara ASEAN yang Wajib Diketahui

Tim detikcom
detikTravel
Bendera Negara ASEAN
Foto: Dokumen asean.org/Bendera Negara-negara ASEAN yang Wajib Diketahui
Jakarta -

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama negara di Asia Tenggara. Organisasi yang beranggotakan 10 negara ini dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Pada hari lahir ASEAN, biasanya bendera negara-negara ASEAN di sepanjang jalan utama Thamrin-Sudirman. Bahkan bendera negara ASEAN pernah dipajang di Monumen Nasional (Monas) untuk meramaikan acara ASEAN Fair 2011 pada Oktober 2011.

Berikut bendera negara-negara ASEAN:


1. Bendera Indonesia

Beautiful young mother with her daughter celebrating indonesia independence day by raising flag under the sunset skyBeautiful young mother with her daughter celebrating indonesia independence day by raising flag under the sunset sky Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Bendera Indonesia yakni Merah Putih. Bendera ini dijahit oleh Fatmawati. Bendera ini pertama kali dikibarkan pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Pengibaran dilakukan setelah Soekarno membacakan teks proklamasi Indonesia. Bendera pertama Indonesia ini disebut Bendera Sang Saka Merah Putih.

Dilansir situs Kemdikbud, bendera Indonesia menggunakan warna merah dan warna putih. Merah berarti berani dan putih berarti suci. Kedua warna ini sampai saat ini menjadi jati diri bangsa.

Di samping bermakna berani dan suci, kombinasi warna merah dan putih telah digunakan dalam sejarah kebudayaan dan tradisi di Indonesia pada masa lalu. Kombinasi merah dan putih digunakan pada desain sembilan garis merah putih bendera Majapahit.

2. Bendera Malaysia

ilustrasi bendera malaysiailustrasi bendera malaysia Foto: Internet

Bendera negara Malaysia disebut Jalur Gemilang. Jalur Gemilang bercorak 14 garis (jalur) merah dan putih (melintang) yang sama lebar, di mana jumlah 13 melambangkan jumlah negara bagian atau persekutuan.

Negara bagian atau persekutuan, yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Pulau Pinang, Perak, Perlis, Sabah, Sarawak, Selangor dan Terengganu.

Bagian yang berwarna biru tua di atas sebelah kiri membawa ke bawah hingga atas jalur merah yang kelima melambangkan perpaduan rakyat Malaysia. Bagian biru tua memuat gambar bulan sabit melambangkan Agama Islam, agama di Malaysia.

Bintang pecah 14 adalah tanda perpaduan 13 buah negeri dan Kerajaan Persekutuan. Warna kuning pada anak bulan dan bintang adalah warna Diraja bagi Duli-duli Yang Maha Mulia Raja-raja. Warna merah melambangkan keberanian dan warna putih melambangkan kesucian, sedangkan warna biru melambangkan perpaduan.

3. Bendera Singapura

bendera Singapurabendera Singapura Foto: Internet

Bendera Singapura mirip bendera Indonesia. Perbedaannya pada bagian warna merah ada bulan sabit dan 5 bintang yang disusun bundar. Warna merah bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia. Warna putih melambangkan kesucian dan kebaikan.

Bendera ini diperkenalkan pada 3 Desember 1959 sewaktu pelantikan Yang di-Pertuan Negara yang pertama, Encik Yusof bin Ishak. Bendera ini menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar di Singapura selama 140 tahun (1819-1959) dan hingga kini digunakan sejak Singapura merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

4. Bendera Thailand

Negara ThailandNegara Thailand Foto: Shinta Angriyana/detikTravel

Bendera Thailand dalam bahasa Thai yakni Thong Trairong yang berarti bendera tiga warna. Bendera ini menunjukkan lima jalur yang mendatar dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah, dengan ukuran jalur biru yang ada di tengah dua kali lebih besar dari jalur-jalur yang lain.

Warna merah putih biru secara berurutan melambangkan 'negara-agama-raja', semboyan tidak resmi negara Thai. Bendera ini diresmikan pada 28 September 1917.


5. Bendera Filipina

Ilustrasi Bendera FilipinaIlustrasi Bendera Filipina Foto: Internet

Bendera negara ASEAN berikutnya yakni Filipina yang dikenal sebagai Pambansang Watawat. Bendera ini merupakan bendera triwarna, warna biru dan warna merah dengan sebuah segitiga sama sisi dengan warna putih di sisi tiang.

Di tengah-tengah segitiga tersebut terdapat simbol matahari kuning dengan delapan sinar, masing-masing terbagi menjadi tiga. Di sudut segitiga terdapat bintang bersegi lima kuning.

6. Bendera Brunei Darussalam

Bendera Brunei Darussalam diperkenalkan pada 29 September 1959 semasa Brunei merupakan protektorat Britania Raya dan ditetapkan saat negara itu merdeka pada 1 Januari 1984. Bendera ini terdiri dari lambang negara di bagian tengah dengan latar belakang warna kuning dan garis hitam dan putih di bidang bendera.

Lambang negara terdiri dari bulan sabit yang dicantumkan dengan payung obor-obor (lambang pemerintahan di bawah seorang sultan). Di bawah payung adalah sayap yang melambangkan keadilan, kedamaian, kemakmuran, dan keamanan. Di sebelah kiri dan kanan terdapat sepasang tangan yang menadah.

Pada bulan sabit terdapat motto dalam huruf Jawi, "Sentiasa berkhidmat dengan panduan Tuhan". Di bawah bulan sabit, tertulis "Negara Brunei Darussalam" yang juga dalam huruf Jawi.


7. Bendera Laos

Bendera Laos terdiri dari tiga garis horizontal, dengan garis tengah berwarna biru dua kali tinggi garis atas dan bawah garis merah. Pada bagian tengah yakni lingkaran putih dengan diameter tinggi garis biru.

Rasio bendera Laos adalah 2:3. Bendera nasional Laos pertama kali diadopsi pada tahun 1945 di bawah pemerintahan singkat Lao Issara.

8. Bendera Myanmar

Bendera Myanmar ini baru diperkenalkan pada 21 Oktober 2010 menggantikan bendera sebelumnya yang telah digunakan sejak tahun 1974. Bendera yang baru ini terdiri dari tiga jalur warna horizontal yakni kuning, hijau, merah, dengan sebuah bintang segilima berwarna putih di tengah-tengah.

Bendera Myanmar sebelumnya diperkenalkan pada 3 Januari 1974. Bendera mayoritas berwarna merah. Warna lainnya yakni biru dengan ditambah gantang beras.

9. Bendera Vietnam

Flag of Vietnam in front of a clear blue skyFlag of Vietnam in front of a clear blue sky Foto: iStock

Bendera Vietnam diperkenalkan pada 30 November 1955. Warna bendera mayoritas merah, yang melambangkan kejayaan dan revolusi. Ada juga bintang berwarna kuning di bagian tengah. Bintang kuning di tengah melambangkan kepimpinan Partai Komunis Vietnam di negara itu.


10. Bendera Kamboja

Bendera Kamboja terdiri dari jalur biru di atas dan bawah, serta jalur merah di tengah yang diisi dengan gambar Angkor Wat. Bendera negara ASEAN ini berbidang merah dengan gambar Angkor Wat di tengah itu digunakan semasa pemerintahan Khmer Merah.



Simak Video "Ma'ruf: Masih Ada 'Kerikil Kecil' & Ketegangan Akibat Perbedaan Politik"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA