Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Sep 2020 20:47 WIB

TRAVEL NEWS

Most Pop Sepekan: Masa Berlaku Paspor 10 Tahun dan Potret Wuhan Kini

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Paspor Indonesia
Foto: (iStock)
Jakarta -

Masa berlaku paspor kini diperpanjang jadi 10 tahun. Ada juga potret warga Wuhan yang warganya sudah bebas clubbing.

Berita terpopuler sepekan kemarin diramaikan oleh berita dari dalam dan luar negeri. Yang paling populer adalah berita tentang masa perpanjangan paspor yang kini jadi 10 tahun.

Perubahan itu dipastikan lewat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 51 tahun 2020 tentang keimigrasian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 10 Spetember 2020.

Ketentuan ayat (1) pasal 51 diubah, sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pada pasal 51 ayat 1 menyebut masa berlaku paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal diterbitkan.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang, memastikan paspor untuk WNI berlaku 10 tahun. Tapi, praktiknya masih menunggu sejumlah aturan lain.

"Memang betul saat ini sudah terbit PP 51/2020 yang mengatur masa berlaku paspor biasa paling lama 10 tahun," kata Arvin yang dihubungi detikTravel, Kamis (24/9).

"Namun tentunya masih menunggu peraturan pelaksanaannya yang mengatur beberapa hal termasuk di dalamnya mengenai tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)-nya," dia menambahkan.

Pemerintah memang telah menyampaikan rencana perubahan masa berlaku paspor itu sejak pertengahan tahun lalu. Waktu itu disebut perubahan itu bertujuan untuk menghemat biaya pencetakan. Apalagi, jumlah pemohon paspor biasa terus meningkat setiap tahunnya.

Itulah berita detikTravel terpopuler sepekan kemarin seperti dihimpun detikTravel, Senin (28/9/2020). Selain itu juga ada sejumlah berita terpopuler lainnya:

Berikut berita terpopuler detikTravel sepekan lengkapnya:

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA