Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Sep 2020 20:09 WIB

TRAVEL NEWS

Nazar Sebelum Nikah, Pemuda Sukabumi Nekat Keliling Indonesia!

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Pemuda Sukabumi keliling Indonesia
Foto: (Firdan Abdullah/Instagram)
Sukabumi -

Beralasan niat menuntaskan nazar sebelum menikah, seorang pemuda asal Sukabumi nekat keliling Indonesia hanya dengan bekal pas-pasan. Dia ingin mengunjungi sejumlah lokasi wisata di tempat-tempat yang nantinya ia singgahi.

Sudah tiga minggu Firdan Abdullah melakukan perjalanan, setelah Semarang - Solo saat ini ia berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Sejumlah lokasi wisata ia abadikan dan unggah di Instagram pribadinya @firdanabdullah. Selain itu, ia juga mengunggah konten video di kanal Youtube miliknya bernama Firdan Abdullah.

Pemuda Sukabumi keliling IndonesiaPemuda Sukabumi keliling Indonesia Foto: (Firdan Abdullah/Instagram)

"Bekal Rp 200 ribu, awalnya mau sendirian saja namun kebetulan ada teman kuliah dulu mau ikut akhirnya saya berdua total bekal bawa Rp 3,5 juta. Ini memang niat saya sebelum nikah itu ingin keliling Indonesia, target 1,5 tahun selesai," kata Firdan saat dihubungi detikcom, Senin (28/9/2020).

Mahasiswa jebolan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) itu dalam melakukan perjalanan tak ingin merepotkan orang lain. Ia menggunakan aplikasi khusus backpacker dan mencari tempat bermalam, selain itu ia juga mengandalkan kemampuan fotografinya untuk ia tawarkan ke pengunjung objek wisata yang ia kunjungi dalam perjalanan.

"Kadang kan ada ya nekat travel malah nyusahin orang lain, sebisa mungkin saya malah menghindari itu. Meskipun kanal YouTube juga monetisasi belum seberapa, saya kadang nawarin pengunjung berfoto, bahkan kepikiran juga buat ngamen atau bagaimana yang penting nggak nyusahin orang," tutur Firdan.

"Untuk akses ke tempat wisata kita kalau memang nggak ada yang ngajakin, kayak orang lokal kemarin kan ada temen-temen kaya di Solo mereka yang ngajakin. Kalau nggak ada yang ngajakin mah ya udah jangan maksain, kita singgah di kota-kota saja atau kalau perlu ya rogoh uang sendiri," sambungnya.

Sejumlah tempat indah di lokasi yang ia singgahi tidak luput dari jepretannya. Ia juga menceritakan keramahan penduduk selama ia tinggal sementara.

Pemuda Sukabumi keliling IndonesiaPemuda Sukabumi keliling Indonesia Foto: (Firdan Abdullah/Instagram)

"Indonesia memang ramah senyum, ramah penduduknya. Selama pandemi virus COVID-19 saya nggak lepas juga dari protokol kesehatan," imbuh dia.

Rencananya, lepas dari Jawa Timur, Firdan akan menuju ke Bali lalu Lombok, transportasi gaya nebeng rencananya akan dia jalani selama perjalanan lanjutannya nanti. Ia juga berharap, kanal YouTubenya bisa bertambah sebagai tambahan bekalnya nanti.

"YouTube jalan aja gitu, ada video baru kita unggah ya mudah-mudahan hasil monetisasi nanti bisa buat tambahan bekal selama perjalanan nanti. Minggu depan mau ke Bali terus Lombok, nanti di Lombok sepertinya bakalan lebih susah nggak kaya di Jawa, saya bakalan lebih banyak nebeng," ungkap Firdan.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA