Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Okt 2020 07:09 WIB

TRAVEL NEWS

'Win-win Solution' Kroasia dengan Slovenia

Syanti Mustika
detikTravel
Aerial panoramic view at famous european travel destination, Dubrovnik cityscape on Adriatic Coast, Croatia.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dreamer4787
Zagreb -

Di saat pandemi sekarang, kerjasama antar negara tetangga memang dibutuhkan. Seperti yang dilakukan Kroasia dengan Slovenia terkait wisata keduanya.

Dilansir detikcom dari Total Croatia News, Minggu (4/10/2020) pariwisata Kroasia sangat senang dengan keputusan dari Slovenia yang memasukkan kabupaten yang berada di perbatasan Kroasia dengan Slovenia ke dalam zona orange. Yang artinya siapapun yang berada di daerah ini dapat masuk ke Slovania dengan menunjukkan hasil negatif virus dan tanpa melewati proses karantina.

Menteri Pariwisata Kroasia, Nikolina Brnjac mengatakan bahwa dia senang mendapati wilayahnya masuk ke dalam zona aman. Mereka akan memperlakukan Slovenia layaknya tamu kesayangan.

"Saya senang bahwa Pemerintah Slovenia telah mengakui upaya yang dilakukan Kroasia untuk tetap menjadi tujuan yang aman secara epidemiologis, dan telah menghapus beberapa kabupaten Kroasia dari daftar merah untuk Slovenia," ujarnya.

"Slovenia adalah tamu kami yang tersayang dan setia, sejumlah besar wisatawan, dari Slovenia mengunjungi Kroasia pada akhir pekan, datang ke sini untuk perjalanan sehari, dan juga berkunjung sepanjang tahun, jadi menurut saya keputusan perjalanan Slovenia ini akan berkontribusi pada kelanjutan pergerakan turis," imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan The Croatian Tourism Association (HUT) atau Asosiasi Pariwisata Kroasia. Menurut mereka ini bisa menjadi normalisasi rezim wisata antara Kroasia dengan Slovenia.

"Kita dapat melihat bahwa situasi pandemi sangat bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain di dalam suatu negara, sehingga pendekatan regional untuk pembatasan perjalanan adalah satu-satunya cara untuk secara bersamaan mempertahankan tingkat aktivitas antara dua negara anggota sambil mempertahankan efektivitas dalam memerangi penyebaran virus. HUT mendukung definisi rezim perjalanan bersama berdasarkan pendekatan regional, dengan kriteria pandemi yang didefinisikan dengan jelas yang akan berlaku di tingkat seluruh Uni Eropa," kata Veljko Ostojic, direktur HUT.

Lanjutnya, HUT percaya bahwa pendekatan seperti itu akan diadopsi secepat mungkin oleh negara-negara seperti Austria, Italia dan negara-negara lain yang merupakan pasar wisata penghasil emisi penting bagi Kroasia.

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA