Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Okt 2020 22:33 WIB

TRAVEL NEWS

Sedang Pandemi, Angka Kelahiran Satwa di Taipei Meningkat

Putu Intan
detikTravel
Giant Panda climbs in a tree
Ilustrasi giant panda. Foto: (iStock)
Taipei -

Kebun binatang terbesar di Taiwan merayakan kelahiran sejumlah satwa di tengah pandemi Corona. Jumlahnya disebut meningkat saat jumlah pengunjung turun.

Pandemi Corona berdampak negatif pada ekonomi industri pariwisata, termasuk yang dialami Kebun Binatang Taipei yang mengalami penurunan jumlah pengunjung. Jumlahnya turun sekitar 20-30 persen meskipun secara umum kasus Corona di Taiwan telah tertangani dengan baik.

Akan tetapi kondisi agaknya membuat satwa di kebun binatang lebih produktif berkembang biak.

Hal itu terlihat dari peningkatan jumlah kelahiran satwa di sana. Sejak awal tahun, kebun binatang ini menyambut kelahiran kambing hutan Taiwan, berang-berang Eurasia, penguin jackass, koala, marmoset dan monyet tupai jubah hitam.

"Kami sangat beruntung tahun ini dengan pembiakan yang sukses dari banyak proyek kerja sama internasional dengan kebun binatang dan akuarium mitra kami di Eropa dan Asia Tenggara,"kata juru bicara Kebun Binatang Taipei Eric Tsao dilansir dari AFP, Minggu (4/10/2020).

Namun dari seluruh kelahiran, yang paling menarik adalah lahirnya anak dari giant panda bernama Yuan Yuan dan Tuan Tuan. Keduanya merupakan panda asal China yang dikirimkan ke Kebun Binatang Taiwan pada 2008 sebagai simbol relasi kedua negara.

Yuan Yuan melahirkan seekor giant panda bernama Yuan Bao yang artinya bayi bulat dalam Mandarin. Bayi itu tumbuh sehat, beratnya sudah mencapai 186 kilogram padahal saat lahir hanya 5 kilogram.

Saat ini Kebun Binatang Taiwan secara reguler memposting foto Yuan Bao di platform sosial media. Publik sendiri baru dapat melihat Yuan Bao secara langsung pada akhir tahun ini.

Beijing biasanya hanya meminjamkan panda-panda yang terancam punah untuk berkembang biak. Sementara bayi panda harus dikirimkan ke China. Tapi khusus untuk Taiwan, mereka diizinkan memelihara anak-anak panda karena orang tuanya merupakan hadiah dari China pada Taiwan.

Selain giant panda, satwa lain yang juga baru melahirkan adalah Mofen, seekor tapir Melayu yang tampil dalam film Life of Pi. Sepasang Mofen didatangkan dari Kebun Binatang Praha sebagai wujud diplomasi kedua negara.

Sebagai gantinya, Taipei akan mengirim dua trenggiling ke Kebun Binatang Praha, termasuk trenggiling jantan yang lahir pada April lalu.

Tsao berharap banyaknya satwa pendatang baru di kebun binatangnya akan membantu meningkatkan kesadaran konservasi di kalangan masyarakat.

"Peran kebun binatang telah berevolusi dari mengumpulkan satwa eksotik dalam satu abad terakhir menjadi mengemban tanggung jawab untuk membantu mencegah kepunahan satwa langka,"ujarnya.

"Kebun binatang harus memainkan peran penting untuk menjaga populasi yang aman bagi spesies yang terancam punah di bawah perawatannya dengan harapan suatu hari mereka dapat kembali ke habitat aslinya," pungkasnya.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA