Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Okt 2020 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Nelayan Inggris Temukan Hiu Super Langka, Warnanya Putih Semua

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ikan Hiu Albino dietmukan nelayan Inggris
Foto: Ikan hiu albino ditemukan nelayan Inggris (dok. Jason Gillespie/SWNS)
Isle of Wight -

Seorang nelayan di Inggris menemukan ikan hiu superlangka. Hiu yang dia temukan adalah hiu albino dengan warna putih semua. Bagaimana kisahnya?

Jason Gillespie, seorang nelayan dari Inggris, sedang asyik memancing di laut dalam, di lepas pantai Inggris. Tepatnya, di dekat Isle of Wight.

Sehari-hari, Jason memang pergi memancing untuk mencari nafkah. Tapi kali ini, tangkapannya bikin orang penasaran. Dia tak sengaja menangkap hiu albino yang badannya berwarna putih dari ujung ke ujung.

Selama 30 tahun memancing, baru kali ini Jason menangkap ikan seperti itu.

"Saya sudah mencari ikan selama 30 tahun dan belum pernah melihat yang seperti itu. Ini ikan pertama dalam seumur hidup, satu dari sejuta," kata Jason seperti dikutip detikTravel dari Fox News.

Ikan hiu yang ditemukan Jason tersebut diketahui berjenis Tope Shark atau School Shark. Nama ilmiahnya Galeorhinus galeus. Ikan ini normalnya berwarna abu-abu gelap di bagian dorsal dan putih di bagian ventral.

Tapi ikan hiu yang ditemukan Jason mengalami kelainan albino, sehingga warnanya putih semua. Kelainan albino itu cukup jarang dijumpai pada spesies hiu, membuat ikan hiu yang ditemukan Jason sangatlah langka.

Kelainan hiu albino itu disebabkan oleh kondisi yang disebut Leucism atau minimnya pigmentasi dalam tubuh. Sel pigmen yang membawa warna gagal berkembang, sehingga bagian tubuh hewan yang mengalami kelainan ini tidak bisa membuat pigmen alias warna tubuhnya akan cenderung putih semua.

"Saya pikir kalau mereka kehilangan warna, mereka akan kesulitan untuk bertahan hidup karena mereka tidak punya kamuflase dan tidak bisa berburu secara efektif dan lebih mudah ditemukan oleh predator," kata Jason.

Setelah menangkap ikan tersebut dan mengabadikan foto buat kenang-kenangan, Jason kemudian melepaskan ikan hiu super langka tersebut kembali ke lautan.

Ikan hiu Tope Shark itu bisa hidup sampai usia 55 tahun. Dalam daftar IUCN, spesies hiu albino itu dilabeli rentan punah karena perburuan oleh manusia. Manusia memburu hiu jenis ini buat diambil sirip, daging, hati dan minyaknya.



Simak Video "Produksi Vaksin Corona Berdampak Punahnya Ikan Hiu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA