Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Okt 2020 16:11 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Pandemi, Kapal Pesiar Norwegia Perpanjang Larangan Berlayar

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Kapal Pesiar
Foto: Ilustrasi kapal pesiar (iStock)
Oslo -

Kapal-kapal pesiar dari Norwegia memperpanjang larangan berlayar bagi armada mereka. Keputusan itu diambil karena pandemi virus Corona belum usai.

Norwegian Cruise Line Holdings mengumumkan perpanjangan larangan berlayar bagi merk-merk kapal pesiar yang berada di bawah naungan mereka. Larangan berlayar tersebut ditambah sampai tanggal 30 November 2020.

Tercatat ada tiga merk kapal pesiar yang berada di bawah holding ini yaitu Norwegian Cruise Line, Oceania Cruises dan Regent Seven Seas Cruises. Semuanya dilarang berlayar dulu karena masih belum adanya kejelasan kapan pandemi Corona akan berakhir.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (10/10/2020), keputusan tersebut diambil beberapa hari setelah Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan akan memperpanjang larangan berlayar bagi kapal pesiar hingga tanggal 31 Oktober.

Tidak seperti perusahaan kapal pesiar yang mengikuti anjuran CDC, American Society of Travel Advisors (ASTA) mengatakan akan melawan keputusan tersebut. Bahkan, mereka mengatakan akan membawa CDC ke jalur hukum.

Presiden ASTA, Zane Kerby, heran kapal pesiar dilarang beroperasi padahal industri serupa sudah berjalan saat pandemi COVID-19. Di antaranya, penerbangan dan hotel kendati harus menerapkan protokol kesehatan dan keamanan yang ketat.

Dia menilai secara teknis operasional antara kapal pesiar dan maskapai penerbangan juga tidak jauh berbeda. Seharusnya, industri kapal pesiar diberikan kesempatan yang sama.

Terkait keputusan CDC itu, Royal Carribean International akan membentuk Healthy Sail Panel yang didesain untuk mengembangkan standar prosedur dan protokol kesehatan bagi penumpang kapal pesiar, kru kapal pesiar dan masyarakat yang nantinya akan mereka kunjungi saat singgah.

Norwegian Cruise Line siap untuk bekerja sama dengan berbagai pihak secara global, pun dengan otoritas kesehatan terkait, agar bisa secepatnya berlayar secara aman bagi mereka sendiri dan juga bagi penumpang.



Simak Video "12 Kru Positif Corona, Kapal Pesiar 'Lockdown' di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA