Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Okt 2020 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Sungai Kapuas Bakal Dilengkapi Bus Sungai, Bisa untuk Wisata

ANTARA
detikTravel
Kapal TNI dan Kapal Dit Polair Polda Kalbar melakukan patroli air di Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/5/2019). Patroli air tersebut bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di perairan Sungai Kapuas. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.
Foto: Polisi patroli di Sungai Kapuas, Pontianak (ANTARA-FOTO)
Pontianak -

Perum Damri berencana menyediakan bus sungai untuk transportasi di Sungai Kapuas. Ini juga dapat dilakukan untuk wisata susur sungai.

Sungai Kapuas merupakan sungai yang ada di Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia, yang alirannya mencapai 1.143 kilometer.

Demi sebagai upaya memberikan alternatif moda transportasi di sekitar Sungai Kapuas, Perum Damri Cabang Pontianak siap mengoperasikan bus sungai.

Bus sungai nantinya bakal melayani trayek Tugu Khatulistiwa, Kota Pontianak - Kubu Raya.

"Direktur Utama Perum Damri telah melakukan kunjungan kerja dan bertemu Gubernur Kalbar. Satu di antara hasil dari kegiatan tersebut bagaimana menghadirkan bus sungai," ujar General Manager Damri Cabang Pontianak, Yulianto, Sabtu (10/10), seperti yang dikutip dari ANTARA.

"Sejauh ini, untuk menghadirkan tersebut tentu butuh studi atau kajian. Kita juga telah melakukan koordinasi dan rapat ke pihak yang berwenang terutama pemerintah pusat, provinsi atau kota dan kabupaten terkait. Sejumlah upaya tentu tengah dipersiapkan agar bisa terealisasi," jelasnya.

Selain memberikan alternatif moda transportasi, bus sungai juga bisa menjadi sarana untuk wisatawan menikmati objek wisata yang ada di sekitar Sungai Kapuas, seperti Taman Alun - Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Keraton Kadariah dan Masjid Jami, yang merupakan bangunan sebagai bukti sejarah bermulanya Kota Pontianak.

"Jalur sungai yang dilewati adalah Sungai Kapuas. Sungai ini memiliki daya tarik tersendiri sebab selain sebagai sungai terpanjang di Indonesia, namun juga membelah Kota Pontianak. Banyak pesona yang bisa dinikmati melalui susur sungai," katanya.

Masyarakat sekitar menyebut Sungai Kapuas sebagai Sungai Kapuas Buhang atau Sungai Batang Lawai (Laue).

Aliran sungai ini bermula dari Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata (Laut China Selatan).

Sungai Kapuas menjadi habitat lebih 700 jenis ikan, dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai ini adalah mencapai 2 juta ton.

Masyarakat Suku Dayak dan Melayu yang bermukim di tepiannya amat bergantung pada Sungai Kapuas. Namun sayangnya, aktivitas penambangan emas dan perak di aliran sungai ini membuat pencemaran dan kerusakan lingkungan. Belum lagi hutannya yang lebih sering ditebang tanpa ditanam lagi.



Simak Video "Kelapa Bakar Khas Pontianak Bisa Membuat Badan Menjadi Segar dan Bugar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA